Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERAN BIMBINGAN TEKNIS (BINTEK) ARPUSDA PATI BAGI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH: (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI MOJOAGUNG 01, SD NEGERI TRANGKIL 01 DAN SD NEGERI TAYU KULON 02 KABUPATEN PATI)

*Ayya Shofia Isna  -  Universitas Diponegoro
Mecca Arfa  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Peran bimbingan teknis ini dapat menambah wawasan pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan yang menjadi tanggungjawabnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari Bimbingan Teknik (BINTEK) pada pengelola perpustakaan di Perpustakaan sekolah di SD Negeri Mojoagung 01, SD Negeri Trangkil 01 dan SD Negeri Tayu Kulon 02 Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan prosedur pemilihan informan secara purposive sampling dengan jumlah informan 10 orang. Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dari bimbingan teknis dapat memperbaiki kinerja pengelola perpustakaan, memutakhirkan keahlian pengelola perpustakaan sesuai kemajuan teknologi, meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan, membantu memecahkan permasalahan operasional, memenuhi kebutuhan diri pustakawan.

Fulltext
Keywords: bimbingan teknis; pendidikan dan pelatihan; pengelolaan perpustakaan; perpustakaan sekolah; pustakawan sekolah; Arpusda Pati.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.