Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERAN PROGRAM BENGKEL KRIYA PUSTAKA KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN BATANG TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI KEWIRAUSAHAAN (Studi Fenomenologi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Batang)

*Devit Haidar Rahman  -  Universitas Diponegoro
Mecca Arfa  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Program Bengkel Kriya Pustaka merupakan program yang dibentuk oleh Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Batang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pelatihan dalam bidang kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Program Bengkel Kriya Pustaka dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Program Bengkel Kriya Pustaka berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kewirausahaan karena : 1.) pelatihan ketrampilan dilakukan oleh narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. 2.) bantuan dari jaringan sesama masyarakat peserta Program Bengkel Kriya Pustaka dalam pemasaran produk usaha. 3.) mitra kerja yang bekerjasama melalui berbagai macam pelatihan ketrampilan sesuai bidang ahli mitra kerja.

 

Fulltext
Keywords: peran, peningkatan kesejahteraan masyarakat, program bengkel kriya pustaka, perpustakaan dan arsip kabupaten batang.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.