Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

LITERASI INFORMASI GURU PAUD DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI TK NEGERI SE-KOTA SEMARANG

*Sarah Fairuz  -  Universitas Diponegoro
Yuli Rohmiati  -  Uiversitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi informasi guru PAUD dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di TK Negeri se-Kota Semarang. Penelitian dilakukan di tiga TK Negeri Semarang, yaitu TK Negeri Kintelan, TK Negeri Pembina dan TK Negeri Sendangmulyo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan  desain multi kasus dan unit multi analisis . Adapun yang menjadi informan adalah sepuluh guru PAUD dan empat informan kunci dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan literasi informasi guru PAUD di TK Negeri se-Kota Semarang dilakukan dengan cara pengenalan dan penerapan teknologi dalam pencarian informasi. Identifikasi guru dalam menentukan kebutuhan informasi didasari pada tahapan perkembangan membaca permulaan anak. Berkaitan dengan kelima tahap perkembangan membaca permulaan anak ini, guru berliterasi informasi untuk menentukan metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan dengan kondisi anak. Tahapan perkembangan membaca permulaan anak ini dimulai dari tahapan fantasi, kemudian berlanjut pada tahap pembentukan konsep diri, dilanjutkan dengan tahap membaca gambar, untuk kemudian msuk pada tahap pengenalan bacaan dan membaca lancar
Fulltext
Keywords: Literasi Informasi, Literasi Informasi Guru, Kemampuan Membaca Permulaan Anak

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.