Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERSEPSI MAHASISWA PADA PENELUSURAN SARANA INFORMASI MENGGUNAKAN OPAC DENGAN SISTEM INLIS LITE DI BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

*Yosepha Ika Septriana  -  Universitas Diponegoro
Yuli Rohmiyati  -  Universitas Diponegoro
Ika Krismayani  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penelusuran informasi melalui teori Kuhlthau dan untuk mengetahui persepsi pemustaka pada penelusuran  informasi  menggunakan  OPAC  (Online  Public  Access  Catalogue) dengan sistem INLIS LITE (Integrated Library System) di Badan Arsip dan Perpustakaan  Daerah  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Adapun subjek penelitian yaitu sebanyak 7 informan. Jenis dan sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung melalui penelitian dan pengamatan, serta data sekunder yang diperoleh melalui buku- buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa saat pemustaka melakukan penelusuran menggunakan OPAC dengan sistem INLIS LITE adalah OPAC dengan sistem INLIS LITE terbukti efektif saat digunakan dalam melakukan pencarian judul buku. Simpulan dari penelitian ini adalah saat pemustaka melakukan penelusuran dengan  proses  permulaan  inisiasi,  seleksi,  eksplorasi,  formulasi,  koleksi,  dan presentasi  pemustaka  memang  melakukan  tahap-tahap  tersebut,  dan  pemustaka merasa puas dengan OPAC yang mudah digunakan dan efektif.

Fulltext
Keywords: persepsi, penelusuran informasi, OPAC, INLIS LITE, Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.