Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

MOTIVASI PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU TEKS PELAJARAN OLEH SISWA KELAS VIII DALAM UPAYA MENDUKUNG KEGIATAN PROSES PEMBELAJARAN DI PERPUSTAKAAN MTs NEGERI 02 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014

*Ulul Absor  -  Universitas Diponegoro
Yuli Rohmiyati  -  Universitas Diponegoro
Jumino Jumino  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini berjudul “Motivasi Pemanfaatan Koleksi Buku Teks Pelajaran oleh Siswa Kelas VIII dalam Upaya Mendukung Kegiatan Proses Pembelajaran di MTs Negari 2 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai faktor yang memotivasi siswa kelas VIII dalam memanfaatan koleksi buku teks pelajaran untuk mendukung kegiatan proses pembelajaran di MTs Negeri 2 Semarang.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Sedangkan jenis dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus. Adapun subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII dan objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran di perpustakaan MTs Negeri 2 Semarang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga sumber yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Adapun uji validitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan membercheck.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa memanfaatkan koleksi buku teks pelajaran didasari atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Dari faktor  internal, dapat diketahui bahwa pada saat siswa memanfaatkan koleksi buku teks pelajaran di Perpustakaan MTs Negeri 2 Semarang didasari dengan adanya kebutuhan siswa itu sendiri. Dari faktor eksternal, dapat diketahui bahwa memotivasi siswa dalam memanfaatkan koleksi buku teks pelajaran di Perpustakaan MTs Negeri 2 Semarang dipengaruhi oleh beberapa hal: adanya belajar kelompok didalam kelas yang selalu menggunakan koleksi buku teks, adanya arahan dari guru pembimbing untuk memanfaatkan koleksi buku teks di perpustakaan pada saat kegiatan belajar di kelas dan pada saat mengerjakan tugas.

Fulltext
Keywords: Motivasi, Koleksi buku teks pelajaran, Perpustakaan MTs Negeri 2 Semarang.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.