Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA ILMU NON PENDIDIKAN DAN ILMU PENDIDIKAN DI LAYANAN REFERENSI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG MENURUT ASSOCIATION OF COLLEGE AND RESEARCH LIBRARIES

*Tiara Kusumaningtiyas  -  Universitas Diponegoro
Jumino Jumino  -  Universitas Diponegoro
Yuli Rohmiyati  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan literasi informasi mahasiswa ilmu non pendidikan dan ilmu pendidikan di layanan referensi UPT Perpustakaan Universitas Negeri Semarang menurut Association of College and Research Libraries.

      Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, informan berjumlah 10 orang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu 5 orang informan mahasiswa ilmu non pendidikan dan 5 orang mahasiswa ilmu pendidikan. Metode pengumpulan data  yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Miles dan Huberman.

      Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan mahasiswa ilmu non pendidikan dan mahasiswa ilmu pendidikan dalam hal menentukan jenis dan sifat informasi masih kurang baik. Kemampuan menentukan jenis dan bentuk sumber informasi yang digunakan masih kurang baik. Kemampuan untuk mengevaluasi sumber-sumber informasi yang mereka gunakan sudah baik. Kemampuan mahasiswa dalam mengomunikasikan kembali informasi dan pengetahuan yang dimiliki kepada orang lain cukup baik. Pada standar kelima semua mahasiswa menyatakan bahwa mereka selalu mencatat dan mencantumkan sumber informasi yang mereka gunakan.

      Secara keseluruhan kemampuan literasi informasi mahasiswa ilmu non pendidikan dan ilmu pendidikan Universitas Negeri Semarang masih kurang baik. Diantara kemampuan literasi informasi mahasiswa ilmu non pendidikan dan mahasiswa ilmu pendidikan, kemampuan literasi informasi mahasiswa ilmu non pendidikan lebih baik daripada mahasiswa ilmu pendidikan.

Fulltext
Keywords: Literasi Informasi, Penelusuran Informasi, Association of College and Research Libraries, UPT Universitas Negeri Semarang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.