Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI DIPONEGORO (SIPDIPO) DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

*Tabah Widiatmoko  -  Universitas Diponegoro
Jumino Jumino  -  Universitas Diponegoro
Yuli Rohmiyati  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Artikel ini merupakan ringkasan dari laporan skripsi yang berjudul “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Diponegoro (SIPDIPO) di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro dengan  Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)”.

          Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian secara deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif dan jenis penelitian studi kasus. Jumlah populasi selama penelitan yang dilakukan berjumlah 28.219 mahasiswa. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling, dengan cara sampling insidental. Untuk memperkuat data peneliti menyertakan 4 orang informan dalam penelitian.

          Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, kuisioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi ganda, dan analisis koefisien determinasi. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F, yang diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 21.

          Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa adanya penerimaan terhadap Sistem Informasi Diponegoro (SIPDIPO) di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi yang menunjukkan 0,436, artinya 43,6% tingkat penerimaan terhadap sistem dipengaruhi oleh aspek kebermanfaatan dan kemudahan. Semua hipotesis dalam penelitian ini diterima karena nilai t dan nilai F hitung lebih besar dibanding dengan nilai t dan nilai F tabel. Hal ini berarti dapat diketahui bahwa kebermanfaatan berpengaruh positif terhadap penerimaan sistem, kemudahan berpengaruh positif terhadap penerimaan sistem, serta kebermanfaatan dan kemudahan secara bersama sama berpengaruh positif terhadap penerimaa sistem. Hasil penelitian tentang SIPDIPO melalui wawancara menunjukkan adanya peningkatan produktiftas kerja, bekerja lebih cepat, efektifitas kerja, kemudahan dalam mempelajari dan bekerja, kejelasan dalam memahami program, fleksibilitas program, serta singkatnya waktu dalam mahir menggunakan program.

 

Fulltext
Keywords: Sistem Informasi Diponegoro, SIPDIPO, Penerimaan Sistem, Technology Acceptance Model, TAM, UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.