Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERILAKU SISWA KELAS AKSELERASI DALAM MENELUSUR INFORMASI DIPERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR LAMPER KIDUL 02 SEMARANG

*Sihar Pintauli  -  Universitas Diponegoro
Amin Taufiq Kurniawan  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Siswa Kelas Akselerasi Dalam Menelusur Informasi di Perpustakaan Sekolah Dasar Lamper Kidul 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif naratif dengan jenis pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori perilaku pencarian informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Informan yang berjumlah 21 orang dengan 18 siswa-siswi akselerasi, 2 pustakawan perpustakaan sekolah dan 1 wali kelas IV dipilih dengan teori deskriptif kualitatif cara teknik Purposive Sampling dengan strategi Typical Case Sampling yang bersifat khas atau unik atau individu-individu yang memiliki karakteristik unik yang bergantung dari kasus siswa akselerasi yang datang di Perpustakaan Sekolah Dasar Lamper Kidul 02 Semarang, yang diukur dengan hasil wawancara, observasi dan dokumen dilhat dari indikator tentang cara, pengetahuan kesukaan dalam penelusuran dan tujuan akhir dari penelusuran informasi tersebut.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa semua siswa-siswi kelas IV akselerasi di Sekolah Dasar Lamper Kidul 02 Semarang pernah melakukan pencarian informasi dengan cara menelusur informasi dengan mengambil buku langsung di rak dan menelusur dengan internet jika penelusuran informasi gagal dilakukan saat berada di perpustakaan. Pengetahuan akan alat telusur juga masih minim dimiliki oleh siswa siswi akselerasi. Penggunaan teknologi yang dapat menunjang kebutuhan informasi tidak banyak diminati oleh siswa-siswi kelas IV akselerasi. Tujuan dalam pencarian informasi yaitu untuk tugas yang diberikan oleh guru, menunjang keterampilan dan minat, memahami materi dan untuk menambah wawasan. Media yang digunakan sebagian besar siswa-siswi kelas IV akselerasi di Sekolah Dasar Lamper Kidul 02 Semarang masih menggunakan buku yang ada di perpustakaan maupun buku yang mereka akses di toko buku kesukaan mereka

 

Fulltext
Keywords: siswa akselerasi, perilaku penelusuran informasi, keberbakatan intelektual.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.