Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH PENGADAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PROGRAM STUDI S1 ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

*Peni Septara Wati  -  Universitas Diponegoro
Jazimatul Husna  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengadaan koleksi Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro terhadap proses belajar mengajar di Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu dosen tetap dan mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Undip angkatan 2011 sampai dengan angkatan 2013 dan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jenis data dalam penelitian ini merupakan jenis data kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu sumber data primer yaitu hasil kuesioner, serta sumber data sekunder berupa studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan koleksi mempunyai pengaruh terhadap proses belajar mengajar. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa aspek seperti ragam, jumlah dan ketersediaan koleksi yang dapat memberikan kontribusi sebesar 38,0%. Sedangkan selebihnya yaitu sebesar 62,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan pengujian hipotesis t yang menunjukkan bahwa thitung= 10,841 dan ttabel = 1,9726. Dari hasil tersebut thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel pengadaan koleksi dengan variabel proses belajar mengajar.

 

Fulltext
Keywords: pengaruh pengadaan koleksi, proses belajar mengajar, dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.