Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA BUSTANUL NU BUMIAYU KABUPATEN BREBES

*Fimelda Noviretha Hinganing Ayu  -  Universitas Diponegoro
Ika Krismayani  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu yang berjumlah 375 siswa dan sampel diambil 25% dari jumlah siswa yaitu 94 siswa. Teknik pengambilan sampel berdasarkan teknik sistematic sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu pemanfaatan perpustakaan sebagai variabel bebas (X) dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa yang berkategori sangat aktif dalam memanfaatkan perpustakaan sebesar 6,38%, yang berkategori aktif sebesar 74,47%, yang berkategori cukup aktif sebanyak 19,15%, dan yang berkategori tidak aktif sebanyak 0,00%. Dari hasil tersebut diperoleh rata-rata sebesar 56 yang berarti pemanfaatan perpustakaan termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa  yang berbunyi “Terdapat pengaruh Pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu Kabupaten Brebes”, diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan merupakan salah satu faktor yang penting dalam peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah. Selain itu dengan memanfaatkan perpustakaan siswa dapat memperoleh materi untuk pembelajaran di sekolah yang tidak didapat di kelas atau tidak didapat dari guru.

Fulltext
Keywords: Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.