BibTex Citation Data :
@article{JIRUD50684, author = {Gios Danika and Hermini Susiatiningsih and Anjani Fatharini}, title = {PEMANFAATAN TEKNOLOGI AI SEBAGAI MEDIA DIPLOMASI MELALUI METAVERSE OLEH SM ENTERTAINMENT}, journal = {Journal of International Relations Diponegoro}, volume = {10}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {SM Entertainment; SM Culture Universe; AESPA; Artificial Intelligence; Metaverse in Diplomacy.}, abstract = { Perkembangan Teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini sudah semakin pesat termasuk di beberapa negara salah satunya Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan memiliki visi untuk memasukkan teknologi tersebut ke berbagai aspek termasuk budaya. Dari kondisi tersebut, salah satu Perusahaan yang memproduksi konten budaya K-POP yaitu SM Entertainment memproduksi K-POP yang bercampur dengan teknologi AI. Penelitian ini menjelaskan lebih lanjut mengenai Bagaimana SM Entertainment memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence tersebut sebagai media diplomasi pada tahun 2020 - 2023. Konsep Metaverse in Diplomacy diterapkan pada penelitian ini untuk membantu dalam menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer, yang bersumber dari wawancara dan kuesioner dan data sekunder, yang bersumber dari buku, website resmi, dan literatur lainnya. Hasil menunjukkan bahwa teknologi AI dimanfaatkan SM Entertainment untuk membangun universe atau dunia buatan dalam bentuk metaverse dalam proyek SM Culture Universe (SMCU). Ini juga berindikasi terhadap munculnya dampak berupa masyarakat global yang dapat merasakan energi budaya Korea Selatan tanpa harus mengunjungi Korea Selatan. }, issn = {3063-2684}, doi = {10.14710/jirud.v10i1.50684}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jihi/article/view/50684} }
Refworks Citation Data :
Perkembangan Teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini sudah semakin pesat termasuk di beberapa negara salah satunya Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan memiliki visi untuk memasukkan teknologi tersebut ke berbagai aspek termasuk budaya. Dari kondisi tersebut, salah satu Perusahaan yang memproduksi konten budaya K-POP yaitu SM Entertainment memproduksi K-POP yang bercampur dengan teknologi AI. Penelitian ini menjelaskan lebih lanjut mengenai Bagaimana SM Entertainment memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence tersebut sebagai media diplomasi pada tahun 2020 - 2023. Konsep Metaverse in Diplomacy diterapkan pada penelitian ini untuk membantu dalam menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer, yang bersumber dari wawancara dan kuesioner dan data sekunder, yang bersumber dari buku, website resmi, dan literatur lainnya. Hasil menunjukkan bahwa teknologi AI dimanfaatkan SM Entertainment untuk membangun universe atau dunia buatan dalam bentuk metaverse dalam proyek SM Culture Universe (SMCU). Ini juga berindikasi terhadap munculnya dampak berupa masyarakat global yang dapat merasakan energi budaya Korea Selatan tanpa harus mengunjungi Korea Selatan.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update: