skip to main content

PENGARUH PENERAPAN OMNICHANNEL MARKETING DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Telkomsel Prabayar di DKI Jakarta)

*Asha Salsabila Asri  -  Departemen Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Bulan Prabawani  -  Departemen Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Naili Farida  -  Departemen Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Asha Salsabila Asri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Omnichannel marketing dan Customer experience terhadap Customer loyalty dengan Customer satisfaction sebagai variabel intervening pada pengguna Telkomsel Prabayar di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang disebarkan kepada 100 responden pengguna Telkomsel Prabayar di DKI Jakarta. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik non-probability sampling jenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Omnichannel marketing dan Customer experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Customer satisfaction, sementara Omnichannel marketing dan Customer experience tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Customer loyalty. Customer satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Customer loyalty, serta memediasi pengaruh Omnichannel marketing dan Customer experience terhadap Customer loyalty. Telkomsel disarankan untuk meningkatkan kualitas integrase antarsaluran dan memperhatikan umpan balik dari pelanggan untuk memperkuat loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperluas pemahaman tentang penerapan omnichannel marketing dan customer experience dalam industri telekomunikasi di Indonesia.

Kata Kunci: Omnichannel marketing, Customer experience, Customer satisfaction, Customer loyalty

Fulltext View|Download
Keywords: omnichanndl; customer experience; customer satisfaction; customer loyalty;

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.