skip to main content

PENGARUH CONTENT MARKETING DAN DISKON TERHADAP E-LOYALTY MELALUI E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA KONSUMEN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE “GOJEK” DI KOTA SEMARANG)

*Afina Zulafa Virgianti  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sari Listyorini  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Andi Wijayanto  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Afina Zulafa Virgianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Abstraksi: Gojek sebagai pelopor transportasi online di Indonesia menawarkan layanan yang cocok yakni GoRide dan GoCar. Melalui layanan ini, diharapkan pelanggan mampu untuk merasakan pengalaman baru dan mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa khawatir akan terlambat sampai tempat yang dituju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing dan diskon terhadap E-loyalty melalui E-satisfaction sebagai variabel mediasi pada konsumen Gojek di Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan variabel content marketing terhadap E-loyalty, terdapat pengaruh signifikan variabel content marketing terhadap E-satisfaction, terdapat pengaruh signifikan variabel diskon terhadap E-satisfaction, dan terdapat pengaruh yang tidak signifikan variabel diskon terhadap E-loyalty. Berdasarkan uji pengaruh tidak langsung pada SmartPLS 4.0, terdapat pengaruh content marketing terhadap E-loyalty melalui e-satisfaction dan terdapat pengaruh pengaruh diskon terhadap E-loyalty melalui E-satisfaction. Berdasarkan hasil uji korelasi, E-satisfaction merupakan variabel mediasi penuh (full mediation) terhadap keduanya. Adapun saran yang dapat diberikan kepada Gojek adalah meningkatkan promosi mengenai konten yang digunakan agar menarik minat pelanggan untuk melakukan pembelian ulang pada situs serta diimbangi dengan realisasi nominal diskon untuk reward kepada pelanggan.

Kata Kunci: Content Marketing, Diskon, E-Satisfaction, E-Loyalty
Fulltext View|Download
Keywords: Content Marketing;Discount; E-Satisfaction; E-Loyalty

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.