slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Pengaruh Tarif Integrasi, Promosi, dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada Aplikasi Jaklingko (Studi Pada Konsumen Aplikasi Jaklingko Di Kota Jakarta) | Yassar | Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis skip to main content

Pengaruh Tarif Integrasi, Promosi, dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada Aplikasi Jaklingko (Studi Pada Konsumen Aplikasi Jaklingko Di Kota Jakarta)

*Muchamad Chico Demas Yassar  -  Department of Business Administration , Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Bulan Prabawani  -  Department of Business Administration , Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sari Listyorini  -  Department of Business Administration , Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2024 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

The increase in the number of people in the city of Jakarta has become a problem in itself, such as traffic jams. The best solution to reduce traffic jams is to use public transportation. Many modes of transportation require an integrated tariff and payment system. Jaklingko is an integrated transportation system in Jakarta which is considered to provide benefits, especially since fares are much cheaper than competitors. The presence of Jaklingko provides an easy transportation payment system in mobility. However, losses occurred in 2021 as well as disappointment with the Jak Lingko application due to inadequate application services. The aim of this research is to determine the influence of tariff integration promotions and ease of transaction on the decision to use services on the Jaklingko application. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The total sample is 100 respondents taken using non-probability sampling techniques with purposive sampling research method. The data collection technique uses a questionnaire and is processed using SmartPLS 3.0 for Windows. The research results show that tariff integration, promotions and ease of transactions have a positive and significant effect on the decision to use services. This research supports consumer behavior theory. The limitation of this research is that it is cross-sectional. Suggestions that can be implemented include improvements to the tariff calculation system, regular promotions and applications that need to be designed so they can be used flexibly. Apart from that, futute research can add other variables that influence the decision to use services.

Keywords: Tariff Integration; Promotion; Ease Of Transaction; Purchase Decision

 

Peningkatan jumlah masyarakat Kota Jakarta menjadi problema tersendiri seperti kemacetan lalu lintas. Solusi terbaik dalam mengurangi kemacetan dengan menggunakan transportasi umum. Banyaknya moda transportasi memerlukan sistem tarif dan pembayaran terpadu. Jaklingko merupakan sistem transportasi terintegrasi di Jakarta yang dinilai memberikan manfaat terlebih tarif jauh lebih murah dibanding kompetitor. Hadirnya Jaklingko memberikan kemudahan sistem pembayaran transportasi masyarakat dalam bermobilitas. Namun kerugian bisnis transportasi terjadi pada tahun 2021 serta kekecewaan pada aplikasi Jak Lingko atas pelayanan aplikasi yang kurang memadai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengatuh tarif integrasi, promosi dan kemudahan transkasi terhadap keputusan penggunaan jasa pada aplikasi Jaklingko. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan teknik non-probability sampling. Metode penelitian purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan SmartPLS 3.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan tarif integrasi, promosi dan kemudahan transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa. Penelitian ini mendukung teori perilaku konsumen. Keterbatasan penelitian ini yaitu bersifat cross-sectional. Saran yang dapat diterapkan seperti perbaikan pada ssitem perhitungan tarif, promosi secara berkala dan aplikasi yang perlu dirancang agar dapat digunakan secara flexible. Selain itu dapat menambahkan variabel lain yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa.

Kata Kunci: Tarif Integrasi; Promosi; Kemudahan Transaksi; Keputusan Penggunaan Jasa

Fulltext View|Download
Keywords: Tarif Integrasi; Promosi; Kemudahan Transaksi; Keputusan Penggunaan Jasa

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.