skip to main content

PENGARUH HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MS GLOW (Studi pada Masyarakat Profesional Konsumen Asa Beauty Ms Glow Kota Semarang)

*Shabrina Syafira  -  Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof.Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Widayanto Widayanto  -  Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof.Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Dinalestari Purbawati  -  Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof.Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2024 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

The development of information technology gave rise to a beauty care trend, which helped the marketing world grow rapidly, and made people look better. The growth of the cosmetics market in Indonesia, created many markets, one of which is Ms Glow. However, Asa Beauty Ms Glow Semarang has experienced a drastic decline in sales in the past year. This study aims to determine whether there is an effect of price and Electronic Word of Mouth (E-WOM) on consumer purchasing decisions of Asa Beauty Ms Glow Semarang. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The sampling technique used is purposive sampling and accidental sampling. The sample of this study amounted to 97 respondents who had purchased at Asa Beauty Ms Glow Semarang. The data obtained from the questionnaire was processed using regression. The results showed that there was a significant influence between price and Electronic Word of Mouth (E-WOM) together on purchasing decisions. Suggestions in this study provide discounts on certain events, provide free gifts, and optimize social media, namely Instagram for Asa Beauty Ms Glow, by making videos in the form of interesting reviews to recommend Ms Glow products, and as a means of product information.

Keywords: Price; Electronic Word of Mouth (E-WOM); Purchase Decisions

Perkembangan teknologi informasi memunculkan sebuah tren perawatan kecantikan, dimana membantu dunia pemasaran berkembang pesat, dan membuat orang terlihat lebih baik. Pertumbuhan pasar kosmetik di Indonesia, menciptakan banyak pasar salah satu yang terkenal adalah Ms Glow. Namun Asa Beauty Ms Glow Semarang telah mengalami penurunan penjualan cukup drastis dalam satu tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian konsumen Asa Beauty Ms Glow Semarang. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penggunaan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 97 responden yang telah melakukan pembelian di Asa Beauty Ms Glow Semarang. Data yang diperoleh dari kuesioner diolah menggunakan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan antara harga dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Saran dalam penelitian ini memberikan potongan harga atau diskon pada event tertentu, memberikan hadiah gratis, dan mengoptimalkan media sosial yaitu Instagram pihak Asa Beauty Ms Glow, dengan membuat video berupa review menarik untuk merekomendasikan produk Ms Glow, dan sebagai sarana informasi produk

Kata Kunci: Harga; Electronic Word of Mouth (E-WOM); Keputusan Pembelian

Fulltext View|Download
Keywords: Harga; Electronic Word of Mouth (E-WOM); Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.