skip to main content

ANALISIS PENGARUH USER INTERFACE DESIGN DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION KONSUMEN GOFOOD DI KOTA SEMARANG

*Akbar Taufikur Rahman  -  Departemen Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sari Listyorini  -  Departemen Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Departemen Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2024 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

The world of technology is experiencing rapid development, leading to the emergence of various innovations. Online food delivery services have become one of the most popular in recent years. GoFood is one of the most used services in Indonesia. Based on GMV and market share data, the percentage of GoFood has fluctuated. User interface design and e-service quality are suspected to be factors influencing consumer repurchase intention. This study aims to determine the influence of user interface design and e-service quality on repurchase intention. This research is explanatory, using purposive sampling as the sampling technique. The sample in this study consisted of 100 respondents in Semarang who are GoFood users. This research used validity tests, reliability tests, correlation coefficients, determination coefficients, t-tests, and F-tests with SPSS software. The results of the study show that user interface design and e-service quality have a positive and significant impact on repurchase intention. Based on the findings of this research, Gojek must improve the quality of the interface, provide complete information for GoFood merchants, and streamline the user process when placing orders. Furthermore, Gojek can enhance the effectiveness and efficiency of the available features and improve the quality of customer service in GoFood.

Keywords: User Interface Design, E-Service Quality, Repurchase Intention

Saat ini dunia teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini membuat munculnya berbagai inovasi yang diciptakan. Layanan pesan-antar makanan berbasis online menjadi salah satu layanan yang cukup ramai diperbincangkan beberapa tahun terakhir. GoFood merupakan salah satu layanan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan data Gross Merchandise Value dan market share menunjukkan bahwa persentase angka GoFood mengalami fluktuasi. User interface design dan e-service quality diduga menjadi faktor yang mempengaruhi repurchase intention konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara user interface design dan e-service quality terhadap repurchase intention. Tipe penelitian ini adalah eksplanatori dengan teknik sampling menggunakan metode puprosive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden masyarakat Kota Semarang pengguna GoFood. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t, dan uji F dengan alat bantu aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa user interface design dan e-service quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pihak Gojek disarankan untuk meningkatkan kualitas tampilan, melengkapi informasi pada merchant GoFood, serta mempersingkat proses pengguna dalam melakukan pemesanan di GoFood. Selanjutnya, perusahaan dapat melakukan efektifitas dan efisiensi pada fitur-fitur yang tersedia, serta memperbaiki kualitas pelayanan customer service pada GoFood.

Kata Kunci: User Interface Design, E-Service Quality, Repurchase Intention

Fulltext View|Download
Keywords: User Interface Design, E-Service Quality, Repurchase Intention

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.