skip to main content

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SARIAYU MARTHA TILAAR PADA KONSUMEN DI KOTA SEMARANG

*Shofi Amara Rizki  -  Departement Administrasi Business, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Departement Administrasi Business, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sudharto Prawata Hadi  -  Departement Administrasi Business, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2024 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Sariayu Martha Tilaar's sales have decreased every year, according to the data. This is thought to have occurred due to several factors, the first one is the factor of poor product quality because bad reviews about Sariayu products were discovered on the female daily website. Then the second factor is promotion because it was discovered that Sariayu's YouTube views are only thousands or even hundreds. The sample used In this study was 100 of  respondents and processed data using SPSS 26. The analyses that were performed included validity, reliability, correlation, determination, simple and multiple linear regression, significance t-test, and f-test. The results of this research indicate that product quality and promotion influence consumer purchasing decisions. Based on these findings, Sariayu Martha Tilaar is advised to improve the packaging of her cosmetic products, extend the time during which they are promoted, increase the number of new advertisements they produces in a year, and boost the number of ad impressions in various media. And also they have to improve the cosmetic products packaging, extend the time during which they are promoted, increase the number of new advertisements they produce in a year, and boost the number of ad impressions in various media.

keywords: Product quality, promotion, consumer purchase decisions

 

Berdasarkan data penjualan Sariayu Martha Tilaar mengalami penurunan disetiap tahunnya. Hal ini diduga terjadi dikarenakan beberapa faktor yaitu yang pertama adalah faktor kualitas produk yang buruk karena ditemukan review – review buruk mengenai produk – produk Sariayu di web female daily. Kemudian faktor yang kedua adalah promosi karena ditemukan bahwa views youtube milik Sariayu masih berjumlah ribuan bahkan ratusan saja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang membeli sekaligus menggunakan produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar di Kota Semarang. Pada penelitian ini peneliti mengolah data menggunakan SPSS 26 beserta analisis kuantitatif. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan berganda, signifikansi uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, Sariayu Martha Tilaar disarankan untuk membuat inovasi baru pada kemasan produk – produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar, menambah rentang waktu promosi, serta memperbanyak pembuatan iklan baru dalam satu tahun, juga menambah jumlah tayangan iklan dibeberapa media.

Kata kunci : Kualitas produk, promosi, keputusan pembelian konsumen

Fulltext View|Download
Keywords: Kualitas produk; promosi; keputusan pembelian konsumen

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.