skip to main content

PENGARUH GAYA HIDUP, BRAND IMAGE, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI SAMSUNG STORE PLAZA SIMPANG LIMA SEMARANG

*Patricia Dinda Pradita  -  Departemen Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Diponegoro, Jl dr. Antonius Suroyo, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Andi Wijayanto  -  Departemen Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Diponegoro, Jl dr. Antonius Suroyo, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Saryadi Saryadi  -  Departemen Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Diponegoro, Jl dr. Antonius Suroyo, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2024 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Currently Smartphone is the most widely used communication tool by various groups from children to adults, from students to leaders. Smartphones are one proof of technological developments that have developed very rapidly from time to time. Because more and more people need Smartphones to support their activities, the higher the demand, the more Smartphone brands that appear with various brands and prices. With the emergence of many competitors, Samsung's market share has decreased in 2020. This decline is evidenced by global market share data and sales data at the Samsung Store Plaza Simpang Lima, even though Samsung has been the market leader for years. The purpose of this study is to determine the influence of lifestyle on Samsung purchasing decisions, the influence of brand image on Samsung purchasing decisions, and the effect of price on Samsung smartphone purchasing decisions. The number of samples taken from this study were 100 respondents with a purposive sampling technique. Questionnaires were distributed to respondents in online form using Google from and offline or using paper. Testing the data was carried out using SPSS 26. Data analysis was used in this study, namely the regression test. From the results of the analysis it was concluded that lifestyle, brand image, and price have a significant effect on the decision to purchase a Samsung Smartphone.

Keywords: smartphones; lifestyle; brand image; price; buying decision

 

Saat ini Smartphone merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa, dari pelajar hingga pemimpin. Smartphone merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi yang perkembangannya sangat pesat dari waktu ke waktu. Karena semakin banyak masyarakat yang membutuhkan Smartphone untuk menunjang aktivitasnya, maka semakin tinggi permintaan  semakin banyak merek Smartphone yang muncul dengan berbagai macam merek dan harga.  Dengan banyak munculnya berbagai pesaing, mengakibatkan market share Samsung mengalami penurunan di tahun 2020. Penurunan ini dibuktikan dengan data market share secara global serta data penjualan pada Samsung Store Plaza Simpang Lima, padahal Samsung sempat menduduki market leader selama bertahun-tahun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian Samsung, pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian Samsung, dan pengaruh harga terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung.  Jumlah sampel yang diambil dari penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling.  Kuesioner dibagikan ke responden dalam bentuk online menggunakan google from serta offline atau menggunakan  kertas. Menguji data dilakukan menggunakan SPSS 26. Analisis data menggunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa gaya hidup, brand image, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung.

Kata kunci : smartphone; gaya hidup; brand  image;  harga; keputusan pembelian

Fulltext View|Download
Keywords: smartphone; gaya hidup; brand image; harga; keputusan pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.