skip to main content

PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi pada Pengunjung Desa Wisata Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang)

*Benedicktus Dhimas Aditya  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275"., Indonesia
Ari Pradhanawati  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275"., Indonesia
Reni Shinta Dewi  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275"., Indonesia
Open Access Copyright 2023 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Perkembangan industri pariwisata di sejumlah daerah semakin meningkat, khususnya di Provinsi Jawa Tengah. Desa Wisata Sepakung, Banyubiru merupakan salah satu obyek wisata yang memiliki potensi wisata cukup tinggi yang menawarkan keindahan alamnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian angka kunjungan dengan yang diharapkan oleh pihak Desa Wisata Sepakung. Sampel penelitian terdiri dari 100 pengguna Desa Wisata Sepakung yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan  pendekatan explanatory research dengan menggunakan skala Likert sebagai alat pengukuran. Data dianalisis menggunakan berbagai uji statistik melalui program SPSS versi 26.0  Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang meliputi analisis tabulasi silang, uji koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing dan electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap Keputusan Berkunjung. Dalam konteks Desa Wisata Sepakung, peningkatan kualitas digital marketing dan electronic word of mouth akan berdampak positif pada peningkatan Keputusan Berkunjung. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk Desa Wisata Sepakung adalah meningkatkan penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif.


The development of the tourism industry in several regions, especially in the Central Java Province, is increasing. Sepakung Tourism Village in Banyubiru is one of the tourist attractions that has significant tourism potential, offering its natural beauty. This research is motivated by the disparity between the actual number of visitors and the expected number by the Sepakung Tourism Village. The research sample consists of 100 users of Sepakung Tourism Village selected through purposive sampling. This study employs an explanatory research approach and utilizes the Likert scale as a measurement tool. The data is analyzed using various statistical tests through SPSS version 26.0 software. The data analysis techniques include cross-tabulation analysis, correlation coefficient test, simple and multiple regression analysis, determination coefficient test, t-test, and f-test. The research findings indicate that digital marketing and electronic word of mouth have a positive influence on the Decision to Visit. In the context of Sepakung Tourism Village, improving the quality of digital marketing and electronic word of mouth will have a positive impact on increasing the Decision to Visit. Recommendations that can be given to Sepakung Tourism Village include enhancing the use of social media as an effective marketing tool.

Fulltext View|Download
Keywords: Digital marketing; Electronic Word of Mouth; Keputusan Berkunjung

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.