skip to main content

ANALISIS KEMAMPUAN PEMASARAN EKSPOR PRODUK UMKM GRESIK KE LUAR NEGERI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKSPOR DI INDONESIA

*Dwi Rahayu Prihandini  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Indonesia
Widiartanto widiartanto  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2023 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Globalisasi dan pasar dunia yang semakin terintegrasi menyebabkan munculnya persaingan global, setiap negara dipaksa kreatif dan inovatif agar terjamin keberlangsungan perekonomiannya. Perubahan dalam ekonomi global memiliki dampak yang sangat besar bagi UKM, dimana perubahan tersebut menawarkan peluang baru untuk berkembang, yaitu terbukanya ekspansi untuk melakukan internasionalisasi. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia merupakan industri terbesar dalam jumlah dan kemampuannya menyerap total tenaga kerja yang ada serta berkontribusi terhadap investasi dan GDP. Presentase UMKM Ekspor di Indonesia masih jauh dibandingkan negara tetangga. Meskipun belum banyak UMKM melakukan Ekspor namun UMKM tetap menjadi tumpuan bagi stabilitas ekonomi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses yang dilalui UMKM Gresik (UD. ThreeSya Food dan CV. WN Mango Sultan) untuk ekspor. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan, proses dalam melakukan ekspor berbeda-beda bagi masing-masing pelaku UMKM Gresik. Adapun yang telah menjual produk mereka ke luar negeri tidak hanya melakukan ekspor secara mandiri namun juga mendapat kemudahan dengan bantuan pihak ketiga pendukung ekspor. Strategi yang diterapkan pun beragam, termasuk diantaranya inovasi produk, mengikuti pameran internasional maupun nasional, serta melakukan pembelajaran ekspor secara mandiri.  Adapun saran yang diberikan kepada UMKM Gresik yakni pada aspek internal dengan fokus pada pemenuhan kuantitas, kualitas, dan kontinuitas produksi, memperhatikan keunggulan produk, membenahi manajemen usaha serta memperkuat kelembagaan, pemanfaatan sosial agar lebih aktif, masif dan professional sedangkan untuk aspek external yakni dengan secara pro aktif melakukan hubungan yang berkesinambungan dengan buyer, menjalin kerjasama dengan KBRI di negara – negara tujuan ekspor untuk informasi pameran dan informasi buyer dari negara – negara luar. 

Globalization and increasingly integrated world markets have led to the emergence of global competition, each country is forced to be creative and innovative in order to ensure the sustainability of its economy. Changes in the global economy have a huge impact on SMEs, where these changes offer new opportunities for development, namely the opening of expansion to internationalize. Micro, small and medium enterprises (SMEs) in Indonesia are the largest industry in terms of their number and ability to absorb the total available workforce and contribute to investment and GDP. The percentage of export SMEs in Indonesia is still far from neighboring countries. Even though not many SMEs export, SMEs remain the foundation for economic stability in Indonesia. This study aims to identify and analyze the process that Gresik SMEs (UD. ThreeSya Food and CV. WN Mango Sultan) go through for export. This research method uses a qualitative approach with descriptive analysis. The results of this study indicate that the stages, processes in carrying out exports are different for each Gresik SMEs actor. As for those who have sold their products abroad, they do not only export independently but also get convenience with the help of third parties supporting exports. Various strategies have been implemented, including product innovation, participating in international and national exhibitions, and conducting independent export studies. The suggestion offered to UMKM Gresik SMEs is on the internal aspect by focusing on fulfilling the quantity, quality and continuity of production, paying attention to product excellence, improving business management and strengthening institutions, social utilization to be more active, massive and professional while for external aspects namely by pro-actively conducting ongoing relationships with buyers, cooperating with Indonesian Embassies in export destination countries for information on exhibitions and information on buyers from foreign countries.


Fulltext View|Download
Keywords: Ekspor; UMKM; Bisnis Internasional

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.