skip to main content

Pengaruh Promosi dan Brand Equity terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Prabayar Telkomsel (Studi Kasus pada Pelanggan Prabayar Telkomsel Semarang)

*Nandha Varhan orcid scopus  -  Department of Bussiness Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sari Listyorini  -  Department of Bussiness Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Department of Bussiness Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

In this era dominated by technology, people's needs are increasingly diverse with diverse goals, one of which is the need for communication. The need for technology-based community communication will not be separated from telecommunications service providers. Telkomsel as one of the Telecommunication service provider providers strives to be able to satisfy the needs of the community by providing the best products and services for the people of Indonesia, including the City of Semarang City. The purpose of this study is to determine the influence of promotion and brand equity on the decision to use Telkomsel prepaid services. This type of research is explanatory research. The population taken is Telkomsel's prepaid service users in Semarang City, the number of which is unknown so that the sample is 100 Telkomsel prepaid users. The sampling technique in this study is nonprobability sampling with the type of sampling, namely purposive sampling. The analysis used is quantitative and qualitative using data analysis techniques for validity and reliability tests, correlation coefficients, simple and multiple linear regression, coefficient of determination, t test and F test. The results of this study show that promotion variables and brand equity have an influence on the decision to use Telkomsel prepaid services. The correlation coefficient of promotion and brand equity variables to usage decisions has a strong relationship, so that if the promotion variable and brand equity experience an increase or decrease, it will greatly affect the usage decision variable. Based on these results, Telkomsel is advised to increase the frequency of delivery, increase sales promotions given to consumers, increase direct marketing carried out, further diversify direct marketing media, emphasize more on the characteristics that Telkomsel has, and Telkomsel can consider further adjusting the prices offered.

 

Pada zaman yang didominasi oleh teknologi ini, kebutuhan masyarakat semakin beragam dengan tujuan beragam pula, salah satunya adalah kebutuhan akn komunikasi. Kebutuhan komunkasi masyarakat yang berbasis teknologi tak akan lepas dari penyedia layanan provider telekomunikasi. Telkomsel sebagai salah satu penyedia jasa provider Telkomunikasi berusaha untuk dapat memuaskan kebutuhan masyarakat dengan memberikan produk dan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, termasuk Kota Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan brand equity terhadap keputusan penggunaan layanan prabayar Telkomsel. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Populasi yang diambil adalah pengguna layanan prabayar Telkomsel Kota Semarang yang jumlahnya tidak diketahui sehingga sampelnya adalah 100 pengguna prabayar Telkomsel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan tipe pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data uji validitas dan reliabilitas, koefisien korelasi, regresi linear sederhana dan berganda, koefisien determinasi, uji t serta uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variable promosi dan brand equity memiliki pengaruh terhadap keputusan penggunaan layanan prabayar Telkomsel. Koefisien korelasi variabel promosi dan brand equity terhadap keputusan penggunaan mempunyai hubungan yang kuat, sehingga jika variabel promosi dan brand equity mengalami peningkatan atau penurunan maka akan sangat berpengaruh terhadap variabel keputusan penggunaan. Berdasarkan hasil tersebut maka Telkomsel disarankan untuk meningkatkan frekuensi penyampaian, meningkatkan promosi penjualan yang diberikan kepada konsumen, meningkatkan pemasaran langsung yang dilakukan, lebih meragamkan media pemasaran langsung, lebih menegaskan ciri khas yang Telkomsel miliki, dan Telkomsel dapat mempertimbangkan untuk lebih menyesuaikan harga yang ditawarkan.

Fulltext View|Download
Keywords: Brand Equity; Keputusan Penggunaan; Promosi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.