skip to main content

UJI KECEPATAN PERAHU SOPEK DENGAN MENGGUNAKAN PROPELLER DUA DAUN DAN TIGA DAUN DI PERAIRAN TAMBAK LOROK SEMARANG

*Ida Nur Aini  -  Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Herry Boesono  -  Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Indradi Setiyanto  -  Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Salah satu penentu keberhasilan opersai penangkapan ikan adalah faktor kecepatan kapal. Kecepatan kapal merupakan jarak yang ditempuh dalam kurun waktu tertentu untuk menghasilkan tangkapan. Kecepatan ini dipengaruhi oleh besaran mesin, umur mesin, Jumlah daun propeller, dan sudut kemiringan as propeller. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2015 di perairan Tambak Lorok Semarang. Tujuan penelitia ini adalah menganalisis perbedaan kecepatan yang dihasilkan pada perahu dengan perbedaan jumlah daun propeller, menganalisis efisiensi pemakaian bahan bakar minyak bensin, serta menganalisis propeller yang sesuai dan lebih efisien. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental fishing dan metode deskriptif. Analisa data diolah menggunakan Ms. Excel dengan uji t-Test. Hasil analisa data menunjukkan bahwa perbedaan jumlah daun propeller berpengaruh terhadap kecepatan perahu dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan untuk pengaruh perbedaan propeller terhadap kecepatan perahu yang dihasilkan propeller 2 daun lebih tinggi yaitu 9,07 knot, bila dibandingkan dengan  propeller 3 daun 8,99 knot. Berdasarkan hasil efisiensi pemakaian bahan bakar minyak bahwa penggunaan propeller 3 daun selama 30 menit dengan nilai 50,925% sedikit lebih efisien, bila dibandingkan dengan propeller 2 daun dengan nilai 49,075%.

 

One of the success factor of fishing operation is boat speed.  Boat speed is the distancewithin  a certain period to produce catches. This speed is influenced by the amount of machinery, machine age, number of propeller shaft, and the angle of the propeller axles. The research was conducted in April 2015 in Tambak Lorok, Semarang. The aim of the research is analyzing the difference of speed which is generated by boat with a difference number of propeller shaft, to analyze the efficiency of fuel consumption, and analyzing appropriate and more efficient propeller. The method used experimental fishing method and descriptive methods. Analysis of the data is processed  by Ms. Excel withT-Test. Results of the analysis showed that the difference  number of propeller shaft affects to the boat speed and fuel consumption. The results showed,effect of difference propeler toward speed boat which is generated by 2 propeler shaft  is higher at 9.07 knots, compared with the 3 propeller shaft 8,99 knots. Based on the results of the use of fuel efficiencyis the use of 3 propeller shaft  for 30 minutes with a value of 50.925% slightly more efficient, when compared with the 2 propeller shaft   with a value of 49,075%.

Fulltext View|Download
Keywords: Kecepatan; Daun baling-baling; Perahu Sopek; Tambak Lorok

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.