skip to main content

PENGARUH KANDUNGAN LEMAK DAN ENERGI YANG BERBEDA DALAM PAKAN TERHADAP PEMANFAATAN PAKAN DAN PERTUMBUHAN PATIN (Pangasius pangasius)

*Qorina Munisa  -  Program Studi Budidaya Perairan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
- Subandiyono  -  Program Studi Budidaya Perairan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
- Pinandoyo  -  Program Studi Budidaya Perairan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pakan merupakan faktor terpenting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan dalam kegiatan budidaya ikan, didalam pakan harus mengandung nutrisi yang lengkap. Penggunaan lemak dalam pakan sangat penting dalam menunjang pertumbuhan, karena lemak merupakan sumber energi yang memiliki nilai cukup tinggi dibanding protein dan karbohidrat. Pengunaan lemak sebagai “Protein sparing effect” yaitu pengganti protein sebagai sumber energi, sehingga penggunaan energi yang berasal dari protein dapat digunakan untuk menunjang pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kandungan lemak dan energi yang berbeda dalam pakan terhadap pemanfaatan pakan dan pertumbuhan patin (P. pangasius).

Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 kali ulangan.  Perlakuan yang diterapkan adalah perbedaan kandungan lemak dan energi antara lain pada perlakuan A (8%, 281,98 kkal); B (9%, 286,74 kkal); C (10%, 289,45 kkal); dan D (11%, 296,21 kkal). Ikan uji yang digunakan adalah patin (Pangasius pangasius) yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Ikan uji yang digunakan dengan bobot rata-rata 6,48±0,68 g/ekor, dengan padat tebar 1 ekor/liter. Pakan diberikan 3 kali dalam sehari yaitu pada sekitar pukul 08.00 WIB, pukul 12.00 WIB, dan pukul 16.00 WIB. Pemberian pakan diberikan secara at satiation.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan lemak dan energi yang berbeda dalam pakan buatan, memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap EPP, PER, dan RGR pada patin (P. pangasius), sedangkan pada variabel TKP dan SR tidak memberikan pengaruh nyata (P>0,05). Perlakuan D diperoleh hasil tertinggi dengan nilai TKP (25,27±0,06g), EPP (54,62±0,93%), PER (1,82±0,03%), RGR (0,75±0,02%/hari), dan SR (95,83%).

Kandungan lemak dan energi yang berbeda dalam pakan, memberikan pengaruh nyata terhadap EPP, PER, dan RGR; tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap TKP dan SR patin (P. pangasius).

 

Feed played an important role in fish farming and therefor, it should contain complete nutrition. The use of fat in fish diet was required for energy supply and producing of growth. The fat was used to subtitute energy source from protein, so the use of protein for fish growth can be optimaled. This study was aimed to observe the influence of different fat and energy on the feed utilization and growth of P. pangasius.

The experimental method used was completely randomized design, which consisted of 4 treatments and 3 replicats, that were trial diets with ratio of  treatment A (8%, 281.98 kkal); B (9%, 286.74 kkal); C (10%, 289.45 kkal); dan D (11%, 296.21 kkal) respectively. The ratio of vegetable oil : animal oil was equal. The fish used was P. pangasius, which was quired from Banjarnegara, Central Java. It’s average body weight of 6.48±0.68 g. The fish was maintenance in 8 l-tanks for 35 days. with a stocking density of 1 fish/l. The fish were feed 3 times a day, at 08.00, 12.00, and 16.00 by appliying at satiation method.

The fish fed on resulted on dietary of different fat and energy on the feed on values significantly different (P<0.05) on the EPP, PER and RGR. But for feed in TKP and SR values (P>0.05).  TKP value (25.27±0.06g) EPP (54.62±0.93%) , PER (1.82±0.03%) , RGR (0.75±0.02%/day), and SR (95.83%).

It was concluded that the influence of different fat and energy on the feed utilization and growth of pangasius in feed significantly effect on, EPP, PER,  and RGR while for TKP and SR where not significantly different.

Fulltext View|Download
Keywords: Lemak; Energi; Pakan; Pemanfaatan; Pertumbuhan; Patin; Pangasius

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.