ANALISIS KARAKTER REPRODUKSI IKAN NILA KUNTI (Oreochromis niloticus) F4 DAN F5

Rifqi Tamamdusturi, Fajar Basuki

Abstract


Ikan nila di Indonesia merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting. Berbagai upaya terus dilakukan dalam meningkatkan produksi ikan nila, salah satunya adalah dengan pemuliaan seperti perbaikan genetik. Selective breeding adalah riset genetik yang dominan untuk memperbaiki pertumbuhan sebagai tujuan utama baik dari seleksi famili maupun individu. Harapannya adalah generasi F5 ikan nila kunti memiliki peningkatan performa dari ikan nila kunti F4.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan karakter reproduksi yang dihasilkan dari ikan nila kunti F4 dan F5 sehingga diketahui terjadinya  peningkatan performa karakter reproduksi dari generasi 4 ke generasi 5. Karakter reproduksi diamati heritabilitasnya, heritabilitas merupakan nilai dugaan yang mampu menunjukkan laju perubahan yang dapat dicapai dengan seleksi untuk suatu sifat di dalam populasi.

Penelitian ini dilakukan dengan 2 perlakuan dan masing-masing terdiri dari 30 ulangan. Karakter reproduksi meliputi fekunditas, HR, diameter telur, bobot telur, panjang dan bobot larva menetas, panjang dan bobot larva lepas telur dan jumlah larva dimulut. Data tersebut diuji peningkatan performa reproduksi dengan analisis heritabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan performa karakter reproduksi dari induk F4 ke F5 dilihat dari meningkatnya hasil fekunditas; HR; diameter dan bobot telur; panjang dan bobot larva menetas; panjang dan bobot larva lepas telur dan jumlah larva dimulut serta didukung nilai heritabilitas fekunditas dan HR dari induk F4 ke F5 yang dikategorikan sebagai nilai kisaran yang tinggi. Kualitas air selama penelitian tidak dilakukan upaya untuk mempertahankan namun masih berada dalam kisaran yang layak untuk kehidupan ikan nila kunti.


Keywords


Karakter reproduksi; Heritabilitas; Ikan Nila Kunti; Pemuliaan; Selective breeding.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Journal of Aquaculture Management and Technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jamt is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats