Hubungan antara Parental Discipline dan Intensitas Komunikasi Peer Group dengan Minat Belajar Anak

Wening Jiwandaru Pradanari, Sri Widowati Herieningsih, Agus Naryoso, Wiwid Noor Rakhmad

Abstract


Menurunnya hasil ujian nasional pada tahun 2012/2013 karena faktor minat
belajar menjadi dasar latar belakang penelitian ini. Faktor Orang tua dan Teman
sebaya merupakan faktor yang dinilai dapat berkontribusi kepada minat belajar.
Kurangnya minat anak untuk belajar merupakan hal yang memprihatinkan mengingat
pentingnya minat belajar dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksplanatori, yang
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara parental discipline dan intensitas
komunikasi peer group dengan minat belajar anak. Teori yang digunakan adalah teori
Konvergensi dan teori Kelompok Rujukan. Jumah populasi sebanyak 34.523 yang
berada di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik
multi stage random sampling diambil sebanyak 100 orang. Data primer dianalisis
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi Rank Kendall dengan bantuan
program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji korelasi Rank Kendall
antara variabel parental discipline (X
1
) dengan minat belajar anak (Y) diperoleh
koefisien korelasi sebesar 0,279 dan nilai signifikansi 0,000. Hal tersebut
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel
X1
dengan Y, namun hubungannya rendah. Sedangkan antara variabel intensitas
komunikasi peer group (X
2
)
dengan minat belajar anak (Y) diperoleh koefisien
korelasi sebesar 0,346 dan nilai signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukkan
terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel X2
dengan Y, namun
hubungannya rendah.
Orang tua sebagai lingkungan sosial pertama anak harus berperan lebih, dalam
memberikan perhatian terhadap pola belajar anak di rumah. Selain itu, orang tua juga
sebaiknya turut serta mengarahkan dengan siapa anak mereka berteman. Peneliti
selanjutnya diharapkan melakukan penelitian menggunakan variabel-variabel lain.
Kata kunci : Parental Discipline, Peer Group, Minat Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung