Strategi Komunikasi Pemasaran PT. New Ratna Motor di Wilayah Jawa Tengah dan DIY Dalam Mempertahankan Posisi Toyota Avanza Sebagai Market Leader di Kelas LMPV

Tegar Tuanggana, Djoko Setiabudi, Agus Naryoso, Nuriyatul Lailiyah

Abstract


Perkembangan pasar di dunia otomotif semakin pesat. Banyaknya varian
mobil yang ditawarkan kepada konsumen juga semakin beragam. Kondisi yang
dialami oleh PT. New Ratna Motor saat ini adalah penjualan Toyota Avanza
sedang mengalami gangguan akibat bermunculan produk-produk LMPV sejenis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran PT.
New Ratna Motor dalam mempertahankan posisi Toyota Avaza sebagai market
leader di kelas LMPV. Penelitian tentang strategi komunikasi PT. New Ratna
Motor menggunakan tipe penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam ( depth
interview ) terhadap subjek yang diteliti.
Hasil dari penelitian ini adalah, strategi komunikasi pemasaran yang
dijalankan oleh PT. New Ratna Motor saat menghadapi kondisi saat ini adalah
tidak menggunakan strategi yang berbeda dari strategi sebelumnya. Karena
strategi komunikasi pemasaran yang sebelumnya dinilai masih efektif dalam
mempertahankan posisi Toyota Avanza sebagai market leader di kelas LMPV
untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY.
Kata Kunci : Strategi komunikasi pemasaran, taktik, market leader, IMC


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung