BibTex Citation Data :
@article{IO7293, author = {Wening Pradanari and Sri Herieningsih and Agus Naryoso and Wiwid Rakhmad}, title = {Hubungan antara Parental Discipline dan Intensitas Komunikasi Peer Group dengan Minat Belajar Anak}, journal = {Interaksi Online}, volume = {3}, number = {1}, year = {2014}, keywords = {}, abstract = { Menurunnya hasil ujian nasional pada tahun 2012/2013 karena faktor minat belajar menjadi dasar latar belakang penelitian ini. Faktor Orang tua dan Teman sebaya merupakan faktor yang dinilai dapat berkontribusi kepada minat belajar. Kurangnya minat anak untuk belajar merupakan hal yang memprihatinkan mengingat pentingnya minat belajar dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksplanatori, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara parental discipline dan intensitas komunikasi peer group dengan minat belajar anak. Teori yang digunakan adalah teori Konvergensi dan teori Kelompok Rujukan. Jumah populasi sebanyak 34.523 yang berada di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik multi stage random sampling diambil sebanyak 100 orang. Data primer dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi Rank Kendall dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji korelasi Rank Kendall antara variabel parental discipline (X 1 ) dengan minat belajar anak (Y) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,279 dan nilai signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel X1 dengan Y, namun hubungannya rendah. Sedangkan antara variabel intensitas komunikasi peer group (X 2 ) dengan minat belajar anak (Y) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,346 dan nilai signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel X2 dengan Y, namun hubungannya rendah. Orang tua sebagai lingkungan sosial pertama anak harus berperan lebih, dalam memberikan perhatian terhadap pola belajar anak di rumah. Selain itu, orang tua juga sebaiknya turut serta mengarahkan dengan siapa anak mereka berteman. Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian menggunakan variabel-variabel lain. Kata kunci : Parental Discipline, Peer Group, Minat Belajar. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/7293} }
Refworks Citation Data :
Menurunnya hasil ujian nasional pada tahun 2012/2013 karena faktor minat belajar menjadi dasar latar belakang penelitian ini. Faktor Orang tua dan Teman sebaya merupakan faktor yang dinilai dapat berkontribusi kepada minat belajar. Kurangnya minat anak untuk belajar merupakan hal yang memprihatinkan mengingat pentingnya minat belajar dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksplanatori, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara parental discipline dan intensitas komunikasi peer group dengan minat belajar anak. Teori yang digunakan adalah teori Konvergensi dan teori Kelompok Rujukan. Jumah populasi sebanyak 34.523 yang berada di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik multi stage random sampling diambil sebanyak 100 orang. Data primer dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi Rank Kendall dengan bantuan program SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji korelasi Rank Kendall antara variabel parental discipline (X1) dengan minat belajar anak (Y) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,279 dan nilai signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel X1 dengan Y, namun hubungannya rendah. Sedangkan antara variabel intensitas komunikasi peer group (X2)dengan minat belajar anak (Y) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,346 dan nilai signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel X2 dengan Y, namun hubungannya rendah. Orang tua sebagai lingkungan sosial pertama anak harus berperan lebih, dalam memberikan perhatian terhadap pola belajar anak di rumah. Selain itu, orang tua juga sebaiknya turut serta mengarahkan dengan siapa anak mereka berteman. Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian menggunakan variabel-variabel lain.Kata kunci : Parental Discipline, Peer Group, Minat Belajar.
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.