Hubungan Intensitas Mengakses Online Shop dan Tingkat Kepercayaan Rekomendasi Peer Group dengan Pembelian Impulsif Secara Online

*Dania Mentari Danuza  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Undip
Sri Herieningsih  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Undip
Published: 21 Feb 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 205 406
Abstract
Pembelian impulsif merupakan fenomena yang terjadi di masyarakat. Seiring dengan menjamurnya online shop, pembelian impulsif tidak hanya terjadi di toko saja tetapi juga terjadi dalam belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas mengakses online shop dan tingkat kepercayaan rekomendasi peer group dengan pembelian impulsif secara online, dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden warga kota Semarang dengan ketentuan rutin mengakses online shop dan memiliki peer group. Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara variabel intensitas mengakses online shop dengan variabel pembelian impulsif online dengan menggunakan The Strong Theory of Advertising dapat dibuktikan melalui analisis korelasi Kendall’s Tau menghasilkan angka signifikansi sebesar 0,000 atau dinyatakan sangat signifikan dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,550 Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak ada hubungan antara itu pada hubungan variabel tingkat kepercayaan rekomendasi peer group dan pembelian impulsif online. Hubungan dua variabel ini menggunakan konsep kelompok referensi, dengan analisis korelasi Kendall’s Tau menghasilkan angka signifikansi sebesar 0,412 atau tidak signifikan dan koefisien korelasi sebesar 0,074 yang artinya tidak ada hubungan antar variabel terserbut.
Keywords: akses online shop, peer group, pembelian impulsif online

Article Metrics: