skip to main content

Pengembangan dan Pengelolaan Situs Berita www.diengsavanaindonesia.com (Sebagai Fotografer)


Citation Format:
Abstract

Kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat dan akurat membuat para penyelenggara media online, khususnya di Indonesia, berlomba-lomba membuat suatu media agar bisa memenuhi permintaan masyarakat tersebut. Hal itu merangsang komunitas maupun organisasi membentuk suatu media yang mampu memberi informasi, berkaitan dengan komunitas dan organisasi mereka.
Salah satunya adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa yang membuat media online mengenai kondisi terbaru, adat istiadat serta nilai-nilai budaya yang ada di Dieng dengan situs www.diengsavanaindonesia.com. Situs tersebut memberikan berita kepada khalayak selama satu bulan dengan empat rubrik, yaitu alam, sejarah, budaya, galeri. Penyebaran informasi tentang situs juga dilakukan dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram.
Beberapa tugas yang dilaksanakan selama pengerjaan situs tersebut diantaranya adalah reporter, fotografer, dan desainer grafis. Tugas reporter yang dilaksanakan yakni melakukan liputan serta menulis naskah. Sedangkan sebagai fotografer, tugas yang dilakukan tidak hanya mengambil foto, tetapi juga mengedit foto tersebut jika terdapat kekurangan, seperti memangkas dan pengaturan kecerahan warna. Kemudian kegiatan mengunggah berita ke situs dan mempromosikannya ke media sosial dilakukan oleh desainer grafis.
Meskipun begitu, terdapat beberapa kendala yang dialami, seperti kualitas foto yang kurang maksimal, hingga kesulitan dalam pemilihan tema berita yang akan di unggah serta pengaturan jadwal wawancara dengan narasumber. Namun, secara keseluruhan kendala tersebut bisa diatasi.
Selanjutnya, hasil pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan situs www.diengsavanaindonesia.com, dari tanggal 1 Oktober hingga 1 November 2015, mendapatkan jumlah pengunjung sebanyak 5.538 dari target minimal 1.500 pengunjung. Sedangkan rata-rata pengunjung per hari mencapai 178, dari target minimal 50 pengunjung. Meskipun begitu, masih terdapat kekurangan dalam situs tersebut, seperti tidak bisa menampilkan foto secara slide show. Hal tersebut perlu diperbaiki agar situs www.diengsavanaindonesia.com menjadi lebih baik.

Fulltext View|Download
Keywords: situs, reporter, fotografer, berita.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.