Efek Terpaan Iklan CRM (Customer Relationship Management) di Sosial Media, Branding Mazaya sebagai Make up Halal terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen

Published: 28 Dec 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 45 563
Abstract

Perkembangan produk kosmetik di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke
tahun. Dan salah satunya produk kosmetik di Indonesia adalah produk kosmetik dari
brand Mazaya. Seiring jalannya waktu, perusahan berlomba memasarkan masing –
masing produk dengan menggunakan iklan. Berbagai iklan mereka tayangkan untuk
memberikan informasi produk yang mereka unggul kan. Selain itu para wanita lebih
sering membuka media sosial dimanapun dan kapanpun. Hal ini membuat perusahaan
dari pihak Mazaya memasarkan produknya juga melalui iklan, tapi melalui media
sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan CRM
(Customer Relationship Management) di media sosial terhadap tingkat kepercayaan
konsumen dan pengaruh branding Mazaya sebagai make up halal terhadap tingkat
kepercayaan konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Cognitive
Respons Model dan Attitude Change Theory. Peneliti mewawancarai mahasiswi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip sebanyak 50 orang untuk mengisi
kuesioner penelitian. Analisis Kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah
regression linier analysis
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan
terpaan iklan CRM (Customer Relationship Management) di media sosial terhadap
tingkat kepercayaan konsumen , dimana hasil hipotesis didapatkan nilai sig sebesar
0,015 lebih kecil dari 0,05 dan t hitung sebesar 2,515 lebih besar dari 2,010.Dan
menujukan branding Mazaya sebagai make up halal terhadap tingkat kepercayaan
konsumen terdapat pengaruh positif dan signifikan, dimana hasil pengujian didapatkan
nilai sig sebesar 0,008 lebih kecil dari 0,05 dan t hitung sebesar 2,763 lebih besar dari
2,012. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang erat terpaan iklan CRM
(Customer Relationship Management) di media sosial terhadap tingkat kepercayaan
konsumen dan terdapat pengaruh erat juga

Keywords: terpaan iklan, Customer Relationship Management, media sosial, kepercayaan konsumen

Article Metrics: