EFEKTIFITAS KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DJARUM BAKTI PENDIDIKAN “PAKEM” DAN KEKUATAN WORD OF MOUTH TERHADAP PERILAKU SUPORTIF COMMUNITY

Published: 28 Dec 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 108 82
Abstract

Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sangatlah penting dilakukan guna menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat sekitar. Akan tetapi, tidak jarang fenomena kegiatan CSR kurang efektif dilakukan oleh beberapa perusahaan, baik dari segi percenanaan kegiatan maupun sikap positif dari pihak terkait. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kegiatan CSR yang dilakukan oleh Djarum melalui programnya bernama PAKEM dan juga kekuatan word of mouth dalam mempengaruhi sikap suportif target sasaran (community).
Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Teori Integrasi Komunikasi dan Teori Stakeholder dan teori efektifitas kegiatan CSR yang dikemukakan oleh Doorley dan Garcia. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 40 orang untuk data kuantitatif, sesuai dengan target sasaran program PAKEM yang hanya berjumlah 40 orang. Sedangkan untuk data kualitatif, berjumlah 4 narasumber.
Analisis regresi linear berganda digunakan untuk melakukan uji hipotesis. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi variabel efektifitas kegiatan PAKEM ialah 0,889 atau lebih besar dari α (0,05), sehingga efektifitas kegiatan CSR PAKEM tidak mempunyai pengaruh terhadap perilaku supotif target sasaran. Sedangkan nilai signifikansi variabel kekuatan word of mouth ialah 0,000 atau lebih kecil dari α (0,05), sehingga kekuatan word of mouth mempunyai pengaruh terhadap perilaku suportif target sasaran. Untuk mengetahui pengaruh antara semua variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan uji F dimana nilai F hitung sebesar 26.909 atau lebih besar dari F tabel (3,25), sehingga variabel efektifitas kegiatan CSR PAKEM dan kekuatan word of mouth bersama-sama mempengaruhi perilaku suportif target sasaran (community).

Keywords: Kegiatan CSR PAKEM, word of mouth, perilaku suportif

Article Metrics: