skip to main content

ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL GURU SMA NEGERI 1 SEMARANG MENGGUNAKAN METODE SWAT (Subjective Workload Assessment Technique)

*Nayudia Amaradana Febrina  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Denny Nurkertamanda  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

SMA Negeri 1 Semarang adalah salah satu sekolah favorit di Semarang dan termasuk dalam SMA RSBI. Keberhasilan SMAN 1 dalam memajukan prestasi siswa-siswanya tidak lepas dari peranan guru. Hampir semua guru-guru di SMAN 1 sudah bersertifikasi sehingga mengharuskan mereka agar dapat memenuhi jumlah beban mengajar sedikitnya 24 jam/minggu. RSBI menuntut perubahan pada sistem kurikulum baru dan kemampuan guru mengajar menggunakan bahasa inggris serta TIK. Dari permasalahan tersebut penulis menduga bahwa dengan adanya sertifikasi guru dan RSBI menyebabkan guru mengalami beban kerja mental. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui beban kerja mental guru SMAN 1 dalam melaksanakan tugasnya dan mengidentifikasi faktor-faktor yang dominan serta memberikan usulan perbaikan sistem kerja. Subjek dalam penelitian adalah 14 guru tetap yang sudah bekerja lebih dari satu tahun, sudah sertifikasi dan berusia lebih dari 50 tahun menggunakan metode Subjective Workload Assessment Technique (SWAT) yang dikembangkan oleh Garry B. Reid dan Thomas Eric Nygren. Metode ini menggunakan tiga deskriptor, yaitu dimensi waktu (time), beban usaha mental (effort) dan beban tekanan psikologis (stress) dan dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pembuatan skala (scale development) dan tahap pemberian nilai terhadap pekerjaan (event scoring). Beban kerja mental terbesar dialami guru SMAN 1 adalah pada saat melakukan kegiatan proses pembelajaran oleh pendidik sebesar 70.89.

 

ABSTRACT

SMA Negeri 1 Semarang is one of the popular schools in Semarang and included in SMA RSBI. SMAN 1 success in advancing their students' achievement is the role of the teacher. Almost all of the teachers at SMAN 1 already certified so that they require in order to meet the amount of teaching load at least 24 hours / week. RSBI demanding changes to the new curriculum system and the ability of teachers to teach using English and ICT. Of these problems the authors suspect that the presence of certified teachers and experienced teachers RSBI cause mental workload. Through this study the authors wanted to know the high mental workload of teachers of SMAN 1 in carrying out their duties and identify the dominant factors and provide suggestions for improvement work system. Subjects in the study were 14 permanent teachers who have worked more than one year, has been certified and aged over 50 years using the Subjective Workload Assessment Technique (SWAT) developed by Garry B. Eric Thomas Reid and Nygren. This method uses three descriptors, namely the time dimension (time), the burden of mental effort (effort) and the burden of psychological distress (stress) and carried out in two stages, namely the stage of scaling (scale development) and phase assignment of the job 
Fulltext
Keywords: Beban Kerja Mental; Metode SWAT; sertifikasi guru; guru

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.