skip to main content

ANALISIS HUBUNGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSISBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Kasus di PT. Coca-Cola Bottling Jawa Tengah, Semarang)

*Septian Adi Saputra  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Nia Budi Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Susatyo Nugroho W P  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT. Coca-Cola Bottling Jawa Tengah telah menerapkan CSR sejak tahun 1986. Meskipun telah menjalankan program CSR, namun belum terlalu berdampak pada meningkatnya Citra Perusahaan PT. Coca-Cola Bottling dilihat dari peringkat Corporate Image kategori Beverage yang telah disurvei oleh IMAC. PT. Coca-Cola Hanya menduduki posisi ke-2 tertinggal dari PT. Tirta Investama (Danone Aqua). Dari program CSR, PT. Coca-Cola Bottling Indonesia tidak masuk kedalam 17 perusahaan perusahaan yang melakukan kegiatan dan kualitas CSR secara baik tahun 2012. Variabel CSR yang digunakan yaitu economic, Legal, Ethical, Philanthropic. Data diperoleh dari wawancara dan kuisioner, terdiri dari 26 pernyataan terhadap 200 orang responden secara acak.

Data tersebut diuji hipotesis dan uji correlation pearson product moment. Dari hasil pengujian hipotesis, keempat variabel CSR berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan. Dari hasil perhitungan korelasi pearson dengan menggunakan SPSS versi 16 didapat semua variabel CSR memiliki nilai yang positif terhadap Citra Perusahaan dan variabel CSR yang berpengaruh paling signifikan terhadap citra perusahaan yaitu variabel Ethical dari hasil menggunakan responden internal dan variabel philanthropic dari hasil menggunakan responden eksternal.

 

 

 

ABSTRACT

 

PT. Coca-Cola Bottling in Centra Java has implemented CSR since 1986. Although it has been running CSR program, but not overly impact on increasing the corporate image of PT. Coca-Cola Bottling as seen from rating corporate image category of beverage that has been surveyed by IMAC. PT. Coca-Cola only occupied the 2nd position behind from PT. Tirta Investama (Danone Aqua). From CSR program, PT. Coca-Cola Bottling Indonesia does not enter into the 17 firms that undertake activities and quality of CSR as well in 2012. CSR variable used are economic, legal, ethical, philanthropic. Data obtained from interviews and questionnaires, consist of 26 statements against 200 respondents randomly.

            The data tested hypotheses and Pearson product moment correlation test. From the results of hypothesis testing, the four CSR variables significantly influence the corporate image. From the calculation of Pearson correlation using SPSS version 16 CSR has obtained all variables are positive values of CSR to corporate image and the most influential variables CSR significantly to corporate image that is a ethical variable from the results of using internal respondents and philanthropic variable of the results using external respondent.

Fulltext
Keywords: CSR; Citra Perusahaan; PT. Coca-Cola Bottling; Correlation Pearson Product Moment.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.