skip to main content

ANALISIS EFEKTIFITAS DYNAMIC IN-GAME ADVERTISING PADA GAME ANDROID DENGAN METODE EYE-TRACKING

*Edosmitha Galuh Aulia  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Denny Nurkertamanda  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Wiwik Budiawan  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kemunculan media advertising  pada game adalah awal mula In-game Advertising, sehingga perusahaan tertarik untuk memasang advertising produk mereka ke dalam IGA. Yang akan diteliti  adalah untuk membahas efektifitas In-game Advertising yang terdapat pada game Android berjenis dynamic. Keberhasilan penyampaian IGA akan diteliti pada penelitian ini dengan melihat hasil atensi dari beberapa responden. Hasil atensi yang dimasksud adalah jumlah interest area dan fixation map yang dihasilkan oleh perangkat eye-tracking. Penelitian ini menggunakan metode eye-tracking untuk pengolahan dan menganalisa untuk menghasilkan output berupa data interset area responden dan area atensi yang disebut fixation map. Hasil pada penelitian ini menghasilkan jumlah atensi yang ditunjukkan oleh besar jumlah total waktu yang dihabiskan responden pada suatu interest area pada satuan mili second sebesar 3,14% dan persentase dari trial time yang dihabiskan responden pada suatu interest area sebesar 3,38% yang berarti IGA pada game android tidak efektif. Ketidakefektifan IGA didalam game android ini juga ditunjukkan oleh hasil fixation map yang menunjukkan tidak adanya daerah warna merah, kuning atau hijau yang menunjukkan atensi responden ketika IGA muncul pada saat game berlangsung. Sehingga pada usulan penelitian ini penyampaian IGA pada game android disarankan ditampilkan secara utuh pada setiap jeda tampilan game bukan pada posisi di pojok bawah kiri atau kanan atau pada posisi di atas pojok kanan, tengah atau kiri.

 

The emergence of advertising media in game is the beginning of the in game, so the company is interested in attaching their advertising product  to the IGA. An object that will be researched is to discuss the effectiveness of the in game advertising in android game typed dynamic. In this research, the success of the delivery will be discussed that is based on the result of the attention from several respondents. The result of attention in this research is the interest area and the fixation map resulted by eye tracking tool. To get the output data such as interest area and fixation map, this research used the eye tracking method in processing and analyzing data. This research resulted the amount of the attention showed by the number of total time spent by the respondents in an interest area in a mile second is 3,14% and the percentage of trial time spent by the respondents in an interest area is 3,38%. Based on that result, the using of IGA is not effective. The ineffectiveness of the using of IGA is also showed by the result of fixation map that shows that  there is no red color area, yellow color area, and green color area which shows the respondent’s attention when the IGA appearance and the game is running in the same time. In summary, the delivery of the IGA recommended be appeared as a whole in each of the pause of the game not in bottom left corner,  bottom right corner, or in the top left corner, top right corner or also in the middle.

Fulltext
Keywords: Ergonomi kognifif; Eyetracking; game android; In-Game Advertising; Eyelink II; fixation map

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.