BibTex Citation Data :
@article{IEOJ52567, author = {Danu Fahri Janatan and Diana Puspita Sari}, title = {ANALISIS DAN UPAYA PENINGKATAN OKUPANSI JETTY 68 AREA 60 MENGGUNAKAN METODE DMAIC (STUDI KASUS: PT KILANG PERTAMINA INTERNASIONAL RU IV CILACAP)}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {14}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {Jetty occupancy; DMAIC method; Berth Occupany Ratio(BOR); product distribution}, abstract = { Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi rendahnya tingkat okupansi Jetty area 60 di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap dan memvalidasi dugaan terkait ketidakmerataan tingkat okupansi Jetty antara dua area Jetty yang berbeda. Data dari Laporan Aktivitas Kapal (2023) menunjukkan bahwa terdapat rendahnya okupansi Jetty 68 di area 60 yang berpotensi menyebabkan penurunan layanan dan pendangkalan, memaksa pengurangan muatan kapal, dan memerlukan kapal tambahan untuk distribusi. Pendekatan yang digunakan adalah metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control) untuk mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, memperbaiki, dan mengendalikan proses perbaikan. Selain itu, penelitian ini menggunakan Berth Occupancy Ratio (BOR) untuk mengukur efisiensi penggunaan dermaga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang akar permasalahan rendahnya okupansi Jetty area 60 dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi distribusi produk di kilang tersebut. Diperoleh hasil persentase okupansi Jetty 68 area 60 yang meningkat hingga mencapai rentang okupansi optimal yaitu 57,40%. Kata kunci: okupansi Jetty; metode DMAIC; Berth Occupancy Rasio (BOR); distribusi produk Abstract [Analysis and efforts to increase the occupancy of Jetty 68 Area 60 using Dmaic method (Case Study: Pt Pelabuhan Pertamina Internasional RU IV Cilacap)] This study aims to evaluate the low occupancy rate of Jetty area 60 at PT Pelabuhan Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap and validate the allegations related to the unevenness of the Jetty occupancy rate between two different Jetty areas. Data from the ship Activity Report (2023) shows that there is a low occupancy of Jetty 68 in area 60 which has the potential to cause service degradation and silting, force a reduction in ship loads, and require additional ships for distribution. The approach used is the DMAIC method (Define, Measure, Analyze, Improve, and Control) to identify, measure, analyze, improve, and control the improvement process. In addition, this study uses Berth Occupancy Ratio (BOR) to measure the efficiency of dock use. The results of this study are expected to provide a deeper understanding of the root causes of low occupancy Jetty area 60 and provide recommendations to improve the efficiency of product distribution at the refinery. The results obtained by the percentage of occupancy of Jetty 68 area 60 which increased to reach the optimal occupancy range of 57.40%. Keywords: Jetty occupancy; DMAIC method; Berth Occupany Ratio(BOR); product distribution }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/52567} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi rendahnya tingkat okupansi Jetty area 60 di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap dan memvalidasi dugaan terkait ketidakmerataan tingkat okupansi Jetty antara dua area Jetty yang berbeda. Data dari Laporan Aktivitas Kapal (2023) menunjukkan bahwa terdapat rendahnya okupansi Jetty 68 di area 60 yang berpotensi menyebabkan penurunan layanan dan pendangkalan, memaksa pengurangan muatan kapal, dan memerlukan kapal tambahan untuk distribusi. Pendekatan yang digunakan adalah metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control) untuk mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, memperbaiki, dan mengendalikan proses perbaikan. Selain itu, penelitian ini menggunakan Berth Occupancy Ratio (BOR) untuk mengukur efisiensi penggunaan dermaga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang akar permasalahan rendahnya okupansi Jetty area 60 dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi distribusi produk di kilang tersebut. Diperoleh hasil persentase okupansi Jetty 68 area 60 yang meningkat hingga mencapai rentang okupansi optimal yaitu 57,40%.
Kata kunci: okupansi Jetty; metode DMAIC; Berth Occupancy Rasio (BOR); distribusi produk
Abstract
[Analysis and efforts to increase the occupancy of Jetty 68 Area 60 using Dmaic method (Case Study: Pt Pelabuhan Pertamina Internasional RU IV Cilacap)] This study aims to evaluate the low occupancy rate of Jetty area 60 at PT Pelabuhan Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap and validate the allegations related to the unevenness of the Jetty occupancy rate between two different Jetty areas. Data from the ship Activity Report (2023) shows that there is a low occupancy of Jetty 68 in area 60 which has the potential to cause service degradation and silting, force a reduction in ship loads, and require additional ships for distribution. The approach used is the DMAIC method (Define, Measure, Analyze, Improve, and Control) to identify, measure, analyze, improve, and control the improvement process. In addition, this study uses Berth Occupancy Ratio (BOR) to measure the efficiency of dock use. The results of this study are expected to provide a deeper understanding of the root causes of low occupancy Jetty area 60 and provide recommendations to improve the efficiency of product distribution at the refinery. The results obtained by the percentage of occupancy of Jetty 68 area 60 which increased to reach the optimal occupancy range of 57.40%.
Keywords: Jetty occupancy; DMAIC method; Berth Occupany Ratio(BOR); product distribution
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com