skip to main content

PENGARUH HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN KOMPENSASI DAN PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN TEGAL

*Farisa Rima Sofiana  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Nia Budi Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Guru adalah salah satu unsur manusia dalam proses pendidikan. Dalam proses pendidikan di sekolah,guru memegang tugas ganda yaitu sebagai pengajar dan pendidik. Berbagai upaya peningkatan kinerja guru telah dilakukan pemerintah, salah satunya adalah melalui program sertifikasi guru sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang guru dan dosen. Tetapi permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah masih rendahnya jumlah guru yang sudah tersertifikasi serta masih cukup tingginya tingkat absensi guru SMK Negeri di Kabupaten Tegal, sehingga perlu diupayakan usaha-usaha untuk meningkatkan kinerja guru

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan penghargaan terhadap kinerja guru dan memberikan solusi dalam meningkatkan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Tegal. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang ditunjukan kepada guru yang masih aktif mengajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa pada guru yang belum tersertifikasi penghargaan berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan kompensasi tidak berpengaruh positif terhadap kinerja guru, sedangkan pada guru yang sudah tersertifikasi penghargaan dan kompensasi masing- masing keduanya tidak memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru.

 

ABSTRACT

 

Teachers are one of the human element in the educational process. In the educational process in schools, teachers hold double duty as a teacher and educator. Various efforts to improve teacher performance has been done by the government, such as, by the teacher certification program based on law teacher and lecturer. But the problems found in the field are a low number of teachers who are already certified and low rates of teacher absenteeism from from certified teacher at State Vocational Secondary School in Tegal Regency, so it necessary to improve teacher performance by some efforts.

The purpose of this study was to determine the effect of compensation and rewards on teacher performance, and give solutions to improve the performance of teachers at State Vocational Secondary School in Tegal Regency. The type of data used primary data collected through a questionnaire to the teachers who are still actively teaching. Analysis of the data used regression analysis. In the findings of this present study shows that uncertified teacher was found to have significant relationship with teacher performance, while not for compensation. Whereas for certified teacher was found to have unsignificant relationship for reward and compensation.

Fulltext
Keywords: Penghargaan; Kompensasi; Sertifikasi dan Kinerja

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.