skip to main content

ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, KELENGKAPAN PRODUK DAN EFEKTIVITAS SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Pada Mesin Diesel PT. Kubota Indonesia Semarang)

*Murni Elfrida Sipayung  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Bambang Purwanggono  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Untuk dapat memperoleh data mengenai orientasi pasar, kelengkapan produk, efektifitas saluran distribusi dan kinerja pemasaran maka disusunlah sebuah kuesioner dengan menggunakan item-item pertanyaan yang merupakan alat ukur dari variabel-variabel tersebut. Kuesioner yang telah tersusun tersebut selanjutnya disebarkan kepada 105 responden kubota semarang. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan nilai indeks, analisis kualitatif dan ujiregresi berganda untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Dari hasil pengujian hipotesis melalui uji regresi berganda menunjukkan orientasi pasar, kelengkapan produk dan efektifitas saluran distribusi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran kubot semarang. Sedangkan hasil perhitungan deskriptif yang dilakukan pada variabel-variabel penelitian dengan menggunakan nilai indeks menunjukkan indeks orientasi pasar kubota semarang adalah sebesar 88,46 yang menunjukkan bahwa orientasi pasar kubota semarang termasuk dalam kategori sangat tinggi, indeks kinerja pemasaran kubota semarang adalah sebesar 75,4 yang menunjukkan bahwa minat kinerja pemasaran kubota semarang adalah tinggi, indeks kelengkapan produk adalah sebesar 72,56 yang menunjukkan bahwa kelengkapan produk kubota semarang adalah sedang dan nilai indeks efektivitas saluran distribusi Kubota semarang adalah sebesar 62,5 yang  menunjukkan bahwa efektivitas saluran distribusi dalam kategori rendah.

 

ABSTRACT

Ordering of getting data of market orientation, completeness of product, effectiveness of distribution channel and marketing performance made researcher compose a questionnaire with items which were be measuring instruments of them. It was spread to 105 respondents of  Kubota Semarang. Then, the collected data were be analyzed using index value (total number), qualitative analysis and regression test to know the effect of each independent variables to dependent variable. From the hypotheses testof the multiple regressions results show that market orientation, completeness of product and effectiveness of distribution are positively and significantly impact on marketing performance of kubota semarang. However descriptive test toward the observed variables index shows that the index of market orientation is 88,46, it means that the level of market orientation of kubota semarang  is categorized as extremely high, the index of marketing performance is 75,4, it means that the level of marketing performance is categorized as high, the index completeness of product kubota semarang is 72,56, it means that the level of the completeness productis categorized as moderate and the index of effectiveness of distribution is 62,5 it shows that the level of  the effectiveness of distribution considered as low/modest.

Fulltext
Keywords: Orientasi Pasar; Kelengkapan Produk; Efektifitas Saluran Distribusi; Kinerja Pemasaran dan Mesin Diesel

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.