BibTex Citation Data :
@article{IEOJ4905, author = {Murni Sipayung and Bambang Purwanggono}, title = {ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, KELENGKAPAN PRODUK DAN EFEKTIVITAS SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Pada Mesin Diesel PT. Kubota Indonesia Semarang)}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {3}, number = {1}, year = {2013}, keywords = {Orientasi Pasar; Kelengkapan Produk; Efektifitas Saluran Distribusi; Kinerja Pemasaran dan Mesin Diesel}, abstract = { Untuk dapat memperoleh data mengenai orientasi pasar, kelengkapan produk, efektifitas saluran distribusi dan kinerja pemasaran maka disusunlah sebuah kuesioner dengan menggunakan item-item pertanyaan yang merupakan alat ukur dari variabel-variabel tersebut. Kuesioner yang telah tersusun tersebut selanjutnya disebarkan kepada 105 responden kubota semarang. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan nilai indeks, analisis kualitatif dan ujiregresi berganda untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Dari hasil pengujian hipotesis melalui uji regresi berganda menunjukkan orientasi pasar, kelengkapan produk dan efektifitas saluran distribusi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran kubot semarang. Sedangkan hasil perhitungan deskriptif yang dilakukan pada variabel-variabel penelitian dengan menggunakan nilai indeks menunjukkan indeks orientasi pasar kubota semarang adalah sebesar 88,46 yang menunjukkan bahwa orientasi pasar kubota semarang termasuk dalam kategori sangat tinggi, indeks kinerja pemasaran kubota semarang adalah sebesar 75,4 yang menunjukkan bahwa minat kinerja pemasaran kubota semarang adalah tinggi, indeks kelengkapan produk adalah sebesar 72,56 yang menunjukkan bahwa kelengkapan produk kubota semarang adalah sedang dan nilai indeks efektivitas saluran distribusi Kubota semarang adalah sebesar 62,5 yang menunjukkan bahwa efektivitas saluran distribusi dalam kategori rendah. ABSTRACT Ordering of getting data of market orientation, completeness of product, effectiveness of distribution channel and marketing performance made researcher compose a questionnaire with items which were be measuring instruments of them. It was spread to 105 respondents of Kubota Semarang. Then, the collected data were be analyzed using index value (total number), qualitative analysis and regression test to know the effect of each independent variable s to dependent variable. From the hypotheses test of the multiple regressions results show that market orientation, completeness of product and effectiveness of distribution are positively and significantly impact on marketing performance of kubota semarang. However descriptive test toward the observed variables index shows that the index of market orientation is 88,46, it means that the level of market orientation of kubota semarang is categorized as extremely high, the index of marketing performance is 75,4, it means that the level of marketing performance is categorized as high, the index completeness of product kubota semarang is 72,56, it means that the level of the completeness productis categorized as moderate and the index of effectiveness of distribution is 62,5 it shows that the level of the effectiveness of distribution considered as low/modest. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/4905} }
Refworks Citation Data :
Untuk dapat memperoleh data mengenai orientasi pasar, kelengkapan produk, efektifitas saluran distribusi dan kinerja pemasaran maka disusunlah sebuah kuesioner dengan menggunakan item-item pertanyaan yang merupakan alat ukur dari variabel-variabel tersebut. Kuesioner yang telah tersusun tersebut selanjutnya disebarkan kepada 105 responden kubota semarang. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan nilai indeks, analisis kualitatif dan ujiregresi berganda untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Dari hasil pengujian hipotesis melalui uji regresi berganda menunjukkan orientasi pasar, kelengkapan produk dan efektifitas saluran distribusi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran kubot semarang. Sedangkan hasil perhitungan deskriptif yang dilakukan pada variabel-variabel penelitian dengan menggunakan nilai indeks menunjukkan indeks orientasi pasar kubota semarang adalah sebesar 88,46 yang menunjukkan bahwa orientasi pasar kubota semarang termasuk dalam kategori sangat tinggi, indeks kinerja pemasaran kubota semarang adalah sebesar 75,4 yang menunjukkan bahwa minat kinerja pemasaran kubota semarang adalah tinggi, indeks kelengkapan produk adalah sebesar 72,56 yang menunjukkan bahwa kelengkapan produk kubota semarang adalah sedang dan nilai indeks efektivitas saluran distribusi Kubota semarang adalah sebesar 62,5 yang menunjukkan bahwa efektivitas saluran distribusi dalam kategori rendah.
ABSTRACT
Ordering of getting data of market orientation, completeness of product, effectiveness of distribution channel and marketing performance made researcher compose a questionnaire with items which were be measuring instruments of them. It was spread to 105 respondents of Kubota Semarang. Then, the collected data were be analyzed using index value (total number), qualitative analysis and regression test to know the effect of each independent variables to dependent variable. From the hypotheses testof the multiple regressions results show that market orientation, completeness of product and effectiveness of distribution are positively and significantly impact on marketing performance of kubota semarang. However descriptive test toward the observed variables index shows that the index of market orientation is 88,46, it means that the level of market orientation of kubota semarang is categorized as extremely high, the index of marketing performance is 75,4, it means that the level of marketing performance is categorized as high, the index completeness of product kubota semarang is 72,56, it means that the level of the completeness productis categorized as moderate and the index of effectiveness of distribution is 62,5 it shows that the level of the effectiveness of distribution considered as low/modest.
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com