skip to main content

Pengembangan Algoritma Sequential Insertion Untuk Penentuan Rute dan Jadwal Kendaraan Distribusi dengan Karakteristik Heterogeneous Fleet

*Aditya Hendra Setiawan  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ary Arvianto  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Permasalahan penentuan rute dalam proses pengiriman produk atau yang lebih dikenal istilah Vehicle Routing Problem (VRP) sekarang ini mulai sangat diperhatikan oleh perusahaan. Mereka beranggapan bahwa VRP merupakan salah satu masalah yang tidak bisa dihindarkan dalam proses bisnisnya, karena sangat menentukan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Batasan yang digunakan dalam proses pemodelan untuk pemecahan masalah VRP ini semakin kompleks dan mendekati kondisi nyata. Semakin lengkap batasan yang ada di model tersebut, maka model tersebut dianggap sudah mewakili sistem nyata. Model VRP klasik masih menganggap bahwa kapasitas kendaraan adalah sama. Padahal dalam kondisi nyata, suatu perusahaan pasti mempunyai komposisi kendaraan yang berbeda, baik itu jenis maupun kapasitasnya. Penelitian ini melengkapi model VRP yang telah ada sebelumnya, yaitu dengan menambahkan faktor jenis dan kapasitas kendaraan yang berbeda (heterogeneous fleet) dalam proses pemilihan rute dan jadwal kendaraan distribusi. Tujuannya adalah untuk meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Pengembangan model dalam penelitian ini menggunakan metode Local Search dengan pembangkitan alternatif solusi menggunakan algoritma Sequential Insertion. Penelitian ini mempunyai dua tujuan fungsi minimasi, yaitu fungsi beban kerja dan fungsi biaya. Model yang telah dikembangkan, diujicobakan pada kasus pendistribusian bahan bakar minyak di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa untuk mendistribusikan produk BBM (premium, solar, dan minyak tanah) untuk delapan pelanggan, diperlukan kapal tanker dengan kapasitas 4.700 kiloliter sebanyak 2 buah dengan nilai fungsi beban kerja sebesar 4.904.625,83 dan fungsi biaya sebesar Rp. 1.972.930.000,00.

 

ABSTRACT

The problem in route determining on delivery product, mostly known as Vehicle Routing Problem (VRP), is noticed by a company. They believe that VRP is one of the unavoidable problems in their business process because it is relevance by cost. Constrain which is used in modeling process for VRP’s solution more crucial and closed on real condition. The more complete the constrain in the model, the more tangible the model could be. Classic VRP model still concern that vehicles always have same capacity in every condition. On the other hand in the real condition, the company must have various vehicle’s capacity. This research complete VRP model before with add various capacity in vehicle (heterogeneous fleet) in routing selection and vehicle schedule distribution. The point is to minimize cost that company should pay. VRP model in this research using Local Search method with alternative solution development using Sequential Insertion algorithm. This research has two minimation objectives, they are workload and cost function. Model that has been made is tested on fuel distribution case in Kupang, East Nusa Tenggara. From the result was known that for distributing fuel (gasoline, diesel fuel and kerosene) to eight customers is needed two tankers with 4.700 kL capacity. The score of workload function is 4.904.625,83 and the cost function is Rp. 1.972.930.000,00.

Fulltext
Keywords: VRP; Penentuan Rute; Heterogeneous Fleet; Sequential Insertion; Local Search

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.