BibTex Citation Data :
@article{IEOJ48962, author = {Raden Rayhan Jauza S and Heru Prastawa}, title = {PERANCANGAN DESIGN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK SMARTPHPONE IPHONE DENGAN METODE ANALISIS KONJOIN}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {14}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {onsumer Preferences, Product Attributes, Smartphone, Iphone, Conjoin Analysis}, abstract = { Abstrak Iphone mengalami penurunan persentase market share dari 20,7% pada kuartal I tahun 2023 menjadi 17,3% pada kuartal I tahun 2024, year-over-year change smartphone ini pun mengalami penurunan yang cukup besar yaitu sebesar 9,6%. Beberapa atribut yang menjadi perhatian utama konsumen adalah harga, penyimpanan, resolusi kamera, baterai, dan ukuran layar. Permasalahan pada penelitian ini adalah adanya perubahan preferensi masyarakat mengenai keputusan pembelian produk smartphone. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti akan meneliti mengenai preferensi konsumen yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membuat keputusan pembelian produk smartphone dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan harapan dan keinginan konsumen Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Konjoin dengan Fractional Factorial Design dan teknik pengambilan datanya melalui pengisian kuesioner kepada 200 responden. Hasil dari penelitian ini terlihat dimana responden lebih memilih smartphone Iphone dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan dengan harga yang lebih terjangkau. Kapasitas penyimpanan menjadi atribut dari pilihan responden karena dapat menunjang aktifitas pengguna smartphone dalam kebutuhan kesehariannya. Nilai kepentingan dari atribut kapasitas penyimpanan (memory) memiliki nilai sebesar 26,750. Hal ini menunjukkan bahwa pertimbangan responden sebelum memilih smartphone Android yang menjadi pilihan utama yaitu atribut kapasitas penyimpanan (memory). Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Atribut Produk, Smartphone, Iphone, Analisis Konjoin Abstract The iPhone experienced a decrease in market share percentage from 20.7% in the first quarter of 2023 to 17.3% in the first quarter of 2024, the year-over-year change of this smartphone also experienced a considerable decline of 9.6%. Some of the attributes that are of primary concern to consumers are price, storage, camera resolution, battery, and screen size. The problem in this study is that there are changes in people's preferences regarding purchasing decisions for smartphone products. Therefore, in this study researchers will examine consumer preferences that are considered by consumers in making purchasing decisions for smartphone products in producing products that are in accordance with consumer expectations and desires. The method used in this study is Conjoin Analysis with Fractional Factorial Design and the data collection technique is through filling out a questionnaire to 200 respondents. The results of this study show that respondents prefer Iphone smartphones with larger storage capacities and at more affordable prices. Storage capacity is an attribute of the respondent's choice because it can support the activities of smartphone users in their daily needs. The importance value of the storage capacity attribute (memory) has a value of 26.750. This shows that the respondent's consideration before choosing an Android smartphone which is the first choice is the storage capacity (memory) attribute. Keywords: Consumer Preferences, Product Attributes, Smartphone, Iphone, Conjoin Analysis }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/48962} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Iphone mengalami penurunan persentase market share dari 20,7% pada kuartal I tahun 2023 menjadi 17,3% pada kuartal I tahun 2024, year-over-year change smartphone ini pun mengalami penurunan yang cukup besar yaitu sebesar 9,6%. Beberapa atribut yang menjadi perhatian utama konsumen adalah harga, penyimpanan, resolusi kamera, baterai, dan ukuran layar. Permasalahan pada penelitian ini adalah adanya perubahan preferensi masyarakat mengenai keputusan pembelian produk smartphone. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti akan meneliti mengenai preferensi konsumen yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membuat keputusan pembelian produk smartphone dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan harapan dan keinginan konsumen Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Konjoin dengan Fractional Factorial Design dan teknik pengambilan datanya melalui pengisian kuesioner kepada 200 responden. Hasil dari penelitian ini terlihat dimana responden lebih memilih smartphone Iphone dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan dengan harga yang lebih terjangkau. Kapasitas penyimpanan menjadi atribut dari pilihan responden karena dapat menunjang aktifitas pengguna smartphone dalam kebutuhan kesehariannya. Nilai kepentingan dari atribut kapasitas penyimpanan (memory) memiliki nilai sebesar 26,750. Hal ini menunjukkan bahwa pertimbangan responden sebelum memilih smartphone Android yang menjadi pilihan utama yaitu atribut kapasitas penyimpanan (memory).
Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Atribut Produk, Smartphone, Iphone, Analisis Konjoin
Abstract
The iPhone experienced a decrease in market share percentage from 20.7% in the first quarter of 2023 to 17.3% in the first quarter of 2024, the year-over-year change of this smartphone also experienced a considerable decline of 9.6%. Some of the attributes that are of primary concern to consumers are price, storage, camera resolution, battery, and screen size. The problem in this study is that there are changes in people's preferences regarding purchasing decisions for smartphone products. Therefore, in this study researchers will examine consumer preferences that are considered by consumers in making purchasing decisions for smartphone products in producing products that are in accordance with consumer expectations and desires. The method used in this study is Conjoin Analysis with Fractional Factorial Design and the data collection technique is through filling out a questionnaire to 200 respondents. The results of this study show that respondents prefer Iphone smartphones with larger storage capacities and at more affordable prices. Storage capacity is an attribute of the respondent's choice because it can support the activities of smartphone users in their daily needs. The importance value of the storage capacity attribute (memory) has a value of 26.750. This shows that the respondent's consideration before choosing an Android smartphone which is the first choice is the storage capacity (memory) attribute.
Keywords: Consumer Preferences, Product Attributes, Smartphone, Iphone, Conjoin Analysis
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com