skip to main content

USULAN PERBAIKAN TATA LETAK PT XYZ UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS MATERIAL HANDLING

*Hapsari Widya Hemasita  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Heru Prastawa  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

PT XYZ adalah salah satu galangan kapal swasta yang terletak di Kota Semarang bagian utara yang bergerak dalam pembuatan dan perawatan atau reparasi kapal. Adapun permasalahan yang dialami adalah layout PT XYZ dapat dikatakan belum optimal karena terdapat perpindahan yang besar sehingga mengakibatkan waktu material handling menjadi lama dan berdampak pada terjadinya keterlambatan dalam menyelesaikan proses reparasi kapal. Hal ini tidak sesuai dengan salah satu ciri layout yang baik yaitu kelancaran material. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sistem serta efektivitas material handling pada PT XYZ untuk kondisi layout saat ini (initial layout) serta memberikan usulan perbaikan agar dapat meningkatkan efektivitas material handling. Pengolahan data menggunakan Computerized Relative Allocation of Facilities Technique (CRAFT), disebut juga sebagai algoritma heuristik terkomputerisasi yang mengambil input dari matriks beban aliran antar departemen dan biaya transaksi dengan representasi tata letak blok. Hasil perhitungan menunjukkan pada alternative layout diperoleh waktu material handling sebesar 9,537 jam dan nilai DLHL Ratio sebesar 0,0851. Nilai DLHL Ratio alternative layout lebih rendah dibandingkan dengan nilai DLHL ratio initial layout menunjukkan adanya peningkatan produktivitas pada layout perusahaan.

Kata Kunci : Material Handling, CRAFT, Layout

Abstract

PT XYZ is one of the private shipyards located in the northern city of Semarang which is engaged in the manufacture and maintenance or repair of ships. The problem experienced is that the layout of PT XYZ can be said to be not optimal because there is a large displacement resulting in a long material handling time and has an impact on the delay in completing the ship repair process. This is not in accordance with one of the characteristics of a good layout, namely the smoothness of the material. The purpose of this study is to determine the system and effectiveness of material handling at PT XYZ for the current layout conditions (initial layout) and provide suggestions for improvements in order to increase the effectiveness of material handling. Data processing using Computerized Relative Allocation of Facilities Technique (CRAFT), also known as a computerized heuristic algorithm that takes input from the inter-departmental flow load matrix and transaction costs with a block layout representation. The calculation results show that the alternative layout obtained material handling time of 9.537 hours and DLHL Ratio value of 0.0851. The DLHL Ratio value of the alternative layout is lower than the DLHL ratio value of the initial layout, indicating an increase in productivity in the company's layout.

Keywords : Material Handling, CRAFT, Layout

Fulltext View|Download
Keywords: Material Handling, CRAFT, Layout

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.