skip to main content

ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI PEMBELIAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SERTA KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di Industri Hotel Bintang 1-5 di Kota Semarang)

*Dwi Megah Purnamasari  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hery Suliantoro  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Supply Chain Management pada industri perhotelan menjadi salah satu ujung tombak dalam proses bisnisnya. Rantai pasok yang ada pada industri perhotelan dibagi dalam beberapa jenis, sesuai dengan masing-masing bagian dalam organisasi hotel. Diperlukan adanya proses bisnis dalam rantai pasok yang maksimal untuk mencapai kinerja keuangan dan kepuasan pelanggan dalam industri hotel. Persaingan dalam perhotelan untuk memikat pelanggan tentu dipengaruhi oleh bagaimana hotel memberikan pelayanan serta fasilitas yang disediakan. Dengan persaingan tersebut para manajemen hotel sedemikian rupa membuat strategi dalam proses penerapan rantai pasok.

Penelitian ini mengidentifikasikan faktor apa saja yang berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap hubungan antara strategic pembelian dan kinerja keuangan dan kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan software SmartPLS, maka dapat dilihat bagaimana hubungan kedua variable tersebut sehingga dapat dilihat faktor apa yang mempengaruhi secara signifikan.

Dari hasil studi kasus di hotel berbintang di kota semarang dengan pengolahan data menggunakan PLS didapatkan hasil dimana strategi pembelian yang baik ditingkatkan dengan komunikasi yang baik kemudian dilanjutkan dengan kualitas layanan yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangan dan kepuasan pelanggan.

 

ABSTRACT

Supply Chain Management in the hospitality industry being one of the spearheads in the business process. Existing supply chain in the hospitality industry is divided into several types, according to their respective sections in the hotel organization. Required the business processes in the supply chain to achieve maximum financial performance and non-financial customer satisfaction in the hotel industry. Competition in hospitality to lure customers would be affected by how the hotel provides services and amenities provided. With the competition of the hotel management strategy in such a way as to make the application of supply chain processes.

This study identifies the factors that influence directly or indirectly on the relationship between strategic purchasing and financial performance and non-financial customer satisfaction. By using SmartPLS software, it can be seen how the relationship between the two variables so that it can be seen what factors influence significantly.

From the results of the case studies in five-star hotel in the city of Semarang with data processing in which the results obtained using the PLS good purchasing strategy enhanced by good communication followed by good service quality so as to improve financial performance and non-financial customer satisfaction
Fulltext
Keywords: Strategi Pembelian; Hotel; Kinerja keuangan dan kepuasan pelanggan; PLS

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.