BibTex Citation Data :
@article{IEOJ18339, author = {Uli Tindaon and Novie Susanto and Hery Suliantoro}, title = {ANALISIS PERFORMANSI DAN PERILAKU MENGEMUDI DENGAN MENGGUNAKAN GADGET SECARA HAND-HELD DAN HANDS-FREE}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {6}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {ergonomi kognitf ; mengemudi terdistraksi; hand-held; hands-free}, abstract = { Penggunaan gadget ketika mengemudi sudah menjadi suatu gaya hidup di Indonesia, bahkan penggunaan gadget ini berperan dalam pekerjaan pengemudi taksi online. Cara penggunaan gadget yang sering dilakukan adalah secara hand-held dan hands-free . Menggunakan gadget ketika mengemudi merupakan salah satu sumber bahaya yang besar karena dapat menyebabkan distraksi pada kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penurunan performansi mengemudi dan bagaimana perilaku mengemudi terkait kecepatan dan perubahan posisi lateral yang dihasilkan ketika mengemudi sambil menggunakan gadget . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan driving simulator pada 2 jenis jalan yaitu urban road dan rurual road, masing-masing jalan diberikan 5 perlakuan yaitu mengemudi tanpa menggunakan gadget , mengemudi menggunakan gadget secara hand-held dengan distraksi telepon, mengemudi menggunakan gadget secara hand-held dengan distraksi SMS, mengemudi menggunakan gadget secara hands-free dengan distraksi telepon dan mengemudi secara hands-free dengan distraksi SMS. Penurunan performansi yang paling buruk dihasilkan pada penggunaan gadget secara hands-free degan distraksi SMS pada urban road dan rural road yaitu sebesar 48% dan 41%. Sedangkan penurunan performansi terendah pada urban road dihasilkan pada penggunaan gadget secara hand-held dengan distraksi telepon sebesar 6%. Penurunan performansi terendah pada rural road dihasilkan pada penggunaan gadget secara hands-free dengan distraksi telepon sebesar 1%. Perilaku yang dihasilkan ketika menggunakan gadget sambil mengemudi adalah pengemudi mengurangi kecepatannya dan sering mengubah posisi lateralnya. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah agar segera membuat regulasi tentang pengguaan gadget dalam mengemudi dan mengadopsi teknologi google voice untuk mode mengemudi. Abstract [Analysis of Driving Performance and Behaviour on Hand-Held and Hands-free Gadget Use ] Using gadget while driving has become a lifestyle in Indonesia that it takes a significant part in the work field of online based car transportation; in this case, the drivers. The most common way of gadget usage is by hand-held and hands-free. Using gadget while driving may cause a great danger as it may emerge distraction against cognitive aspect. This research is aimed to identify the decrease value of driving performance and driving behavior regarding the velocity and the range of lateral position emerged during driving while using gadget. This research is conducted by applying driving simulator on two types of road: urban road and rural road, each of which is given five different treatments: driving without using gadget, driving while using gadget in hand-held method with phone call distraction, driving while using gadget in hand-held method with SMS distraction, driving while using gadget in hands free method with phone call distraction, and driving while using gadget in hands free method with SMS distraction. The greatest performance decrease is presented by gadget usage in hands free method with SMS distraction of 48% on urban road and 41% on rural road. Meanwhile, the lowest performance decrease on urban road of 6% is shown by gadget usage in hand held method with phone call distraction. The least performance decrease on rural road of 1% is presented by gadget usage in hands free method with phone call distraction. Behaviors resulted from using gadget while driving includes driver slowing down and continuously changing the lateral position. An immediate arrangement of new regulation on gadget usage while driving and maximum utilization of Google Voice technology are highly recommended. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/18339} }
Refworks Citation Data :
Penggunaan gadget ketika mengemudi sudah menjadi suatu gaya hidup di Indonesia, bahkan penggunaan gadget ini berperan dalam pekerjaan pengemudi taksi online. Cara penggunaan gadget yang sering dilakukan adalah secara hand-held dan hands-free. Menggunakan gadget ketika mengemudi merupakan salah satu sumber bahaya yang besar karena dapat menyebabkan distraksi pada kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penurunan performansi mengemudi dan bagaimana perilaku mengemudi terkait kecepatan dan perubahan posisi lateral yang dihasilkan ketika mengemudi sambil menggunakan gadget. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan driving simulator pada 2 jenis jalan yaitu urban road dan rurual road, masing-masing jalan diberikan 5 perlakuan yaitu mengemudi tanpa menggunakan gadget, mengemudi menggunakan gadget secara hand-held dengan distraksi telepon, mengemudi menggunakan gadget secara hand-held dengan distraksi SMS, mengemudi menggunakan gadget secara hands-free dengan distraksi telepon dan mengemudi secara hands-free dengan distraksi SMS. Penurunan performansi yang paling buruk dihasilkan pada penggunaan gadget secara hands-free degan distraksi SMS pada urban road dan rural road yaitu sebesar 48% dan 41%. Sedangkan penurunan performansi terendah pada urban road dihasilkan pada penggunaan gadget secara hand-held dengan distraksi telepon sebesar 6%. Penurunan performansi terendah pada rural road dihasilkan pada penggunaan gadget secara hands-free dengan distraksi telepon sebesar 1%. Perilaku yang dihasilkan ketika menggunakan gadget sambil mengemudi adalah pengemudi mengurangi kecepatannya dan sering mengubah posisi lateralnya. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah agar segera membuat regulasi tentang pengguaan gadget dalam mengemudi dan mengadopsi teknologi google voice untuk mode mengemudi.
Abstract
[Analysis of Driving Performance and Behaviour on Hand-Held and Hands-free Gadget Use] Using gadget while driving has become a lifestyle in Indonesia that it takes a significant part in the work field of online based car transportation; in this case, the drivers. The most common way of gadget usage is by hand-held and hands-free. Using gadget while driving may cause a great danger as it may emerge distraction against cognitive aspect. This research is aimed to identify the decrease value of driving performance and driving behavior regarding the velocity and the range of lateral position emerged during driving while using gadget. This research is conducted by applying driving simulator on two types of road: urban road and rural road, each of which is given five different treatments: driving without using gadget, driving while using gadget in hand-held method with phone call distraction, driving while using gadget in hand-held method with SMS distraction, driving while using gadget in hands free method with phone call distraction, and driving while using gadget in hands free method with SMS distraction. The greatest performance decrease is presented by gadget usage in hands free method with SMS distraction of 48% on urban road and 41% on rural road. Meanwhile, the lowest performance decrease on urban road of 6% is shown by gadget usage in hand held method with phone call distraction. The least performance decrease on rural road of 1% is presented by gadget usage in hands free method with phone call distraction. Behaviors resulted from using gadget while driving includes driver slowing down and continuously changing the lateral position. An immediate arrangement of new regulation on gadget usage while driving and maximum utilization of Google Voice technology are highly recommended.
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com