skip to main content

PERANCANGAN E-COMMERCE PADA SENTRA UKM KAUMAN SURAKARTA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

*Gema Mahardhika  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia
Sriyanto Sriyanto  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia
Wiwik Budiawan  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kampung Kauman adalah salah satu daerah wisata yang disediakan oleh pemerintah Kota Surakarta sebagai sentra UKM yang mayoritas terdiri dari para penjual dan produsen batik berbasis home industri. Kauman adalah sentra batik terbesar kedua di kota Solo. Terdapat permasalahan yaitu penjualan batik pada sentra UKM Kauman mengalami penurunan dalam 5 tahun terakhir. Para pemilik UKM mengeluhkan kurangnya pendapatan mereka yang belum memenuhi target. Hal tersebut disebabkan oleh sepinya pengunjung yang  membeli batik di Kampung Kauman, sehingga produk batik tersebut hanya dijual di pasar-pasar tradisional sekitar. Pihak pengelola sentra UKM Kauman mengalami kesulitan dalam memperluas segmentasi pasar. Diperlukan suatu sistem penjualan online berbasis e-commerce yang dapat mempermudah dalam memasarkan dan menjual produk batik tersebut secara luas.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi e-commerce secara terintegrasi berbasis website yang berisi seluruh UKM di area Kampung Kauman yang telah siap untuk diterapkan sistem tersebut. Untuk mengurangi tingkat kesulitan dalam penggunaan sistem, e-commerce yang dirancang harus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna baik dari aspek interface, usability, fasilitas yang diberikan, informasi terkait, dan proses yang diterapkan. E-commerce dirancang dengan metode User Centered Design yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Dari hasil perancangan didapatkan e-commerce dapat berjalan terintegrasi dengan baik antara Administrator Pusat, Toko dan Customer. Dari hasil usability test menunjukan bahwa e-commerce sudah memenuhi aspek  usability  sehingga dapat diterapkan sebagai  website yang dapat dan mudah dioperasikan oleh penguna.

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Kauman is one of the tourism assets provided by the government of Surakarta as UKM (term for Middle-Low Level Business) centers. Kauman comprises the majority of sellers and manufacturers of  Batik’s home industries. Kauman is the second largest center of batik in the city of Solo. There are problems that the sale of batik on Kauman UKM centers decreased in the last 5 years. The owners of the home-industries complained about the lack of their income that has not met the target. It is caused by the less visitors who came to buy batik in Kauman, causing batik products were then only being sold in traditional markets around. The management of the Kauman UKM center have several difficulties in expanding market segmentation. We need a system of online sales-based e-commerce that can facilitate in marketing and selling batik products widely. The aim of this study is to design applications are integrated with e-commerce based website that contains all UKMs in the Kauman area that are ready to be implemented to the system. To reduce the level of difficulty in the use of the system, e-commerce that is designed to meet the needs of several aspects such as the user interface, usability, given facility, related information, and processes applied. E-commerce is designed with User Centered Design method which puts the user at the center of the system development process. From the results, it is obtained that the e-commerce design can run well integrated among the Central Administrator, the Stores and the Customers. From usability test results indicated that e-commerce has met the needs of usability aspects that can be applied as a website and that can be operated easily by the users.

Fulltext View|Download
Keywords: Sentra Batik; E-commerce, Usability; User Centered Design

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.