slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Dari Perum Pos dan Giro menjadi PT Pos Indonesia: Dinamika Perusahaan Jasa Pos Indonesia | Anggoro | Historiografi skip to main content

Dari Perum Pos dan Giro menjadi PT Pos Indonesia: Dinamika Perusahaan Jasa Pos Indonesia

Bimo Dwi Anggoro  -  Departemen Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
*Endah Sri Hartatik  -  Departemen Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Artikel ini membahas tentang perkembangan PT. Pos Indonesia pada periode 1978-2009. Artikel ini berdasar pada penelitian yang menerapkan metode sejarah. Sumber primer yang digunakan pada artikel didominasi oleh sumber-sumber resmi dari pemerintah dan surat kabar sezaman, seperti Laporan Tahunan PT Pos Indonesia, Peraturan Pemerintah, majalah resmi PT Pos Indonesia yang bernama Merpatipos, dan berbagai artikel dari surat kabar. Sumber sekunder yang dimanfaatkan adalah berbagai buku dan artikel jurnal hasil penelitian. Pada tahun 1984 terjadi pembaharuan Undang-Undang tentang Pos, yaitu UU No. 6 Tahun 1984. Kebijakan itu membuka peluang bagi pihak swasta untuk ikut serta dalam usaha jasa pengiriman dan pelayanan pos, serta mengurangi hak monopoli yang sebelumnya dilimpahkan kepada Perusahaan Umum Pos dan Giro. Pemerintah selaku pemilik Perusahaan Umum (Perum) Pos dan Giro menyikapi hal itu dengan mengubah status perusahaan menjadi Perseroan Terbatas (PT) agar lebih leluasa dalam bersaing. Namun demikian, PT Pos Indonesia mengalami penurunan pendapatan sejak revolusi teknologi. Tradisi mengirim berita melalui surat telah digantikan oleh e-mail dan telepon genggam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan tersebut kemudian dapat diatasi melalui UU No. 38 tahun 2009 tentang Pos yang dikeluarkan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut diketahui telah menguntungkan PT Pos Indonesia secara signifikan pada 2009.  

Kata kunci: Pos Indonesia; Pengembangan; Transformasi. 

Fulltext View|Download
  1. Abdullah, M. (2000). Perekat keutuhan bangsa dan negara: bridging to the network company. Bandung: Kepala PUKK PT Pos Indonesia
  2. Bustaman, B. (1993). Strategi bersaing jasa paketpos pada perusahaan umum Pos dan Giro (Tesis, Universitas Indonesia, Depok)
  3. Dari perum jadi persero: PT Pos Indonesia akan beri pelayanan terbaik. (1995) (Juni 1995). Kompas
  4. Dharmasaputra, M. (2012). Lompatan satu dekade: Revolusi Industri Pos dunia dan strategi Transformasi PT Pos Indonesia. Jakarta: Katadata Indonesia
  5. Departemen Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi. (1996). 50 Tahun peranan pos dan telekomunikasi. Jakarta: Departemen Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi
  6. Kertajaya, H., dkk. (2004). On becoming a customer-centric company: Transformasi Telkom menjadi perusahaan berbasis pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  7. Kewajiban pelayanan umum (Public Service Obligation). (2007). Merpatipos
  8. Kilas balik perjalanan tahun 1999. (2000). Merpatipos
  9. Menanti ambruknya PT Pos Indonesia. (Agustus 2003). Kompas
  10. Menghadapi perubahan status perusahaan tingkatkan efisiensi dan produktivitas. (Maret 1995). Merpatipos
  11. Meningkat minat kirim surat lewat pos. (September 1985). Kompas
  12. Perum Pos dan Giro (1991). Laporan Tahunan 1990. Bandung: Perum Pos dan Giro
  13. Pilot proyek Wasabtara-Net diresmikan. (Februari 1996). Merpatipos
  14. Pos Indonesia tinggalkan status Postal Company. (Juni 2013). SWA Online
  15. PT Pos Indonesia. (1999). Rencana Jangka Panjang PT Pos Indonesia 1999-2003
  16. PT Pos Indonesia. (2011). Laporan Tahunan 2010. Bandung: PT Pos Indonesia
  17. PT Pos Indonesia lakukan restrukturisasi. (Oktober 1995). Kompas
  18. Rapat umum pemegang saham Perum Pos dan Giro di Bandung. (Desember 1980). Merpatipos
  19. Sang transformer, merubah lidi jadi pedang. (2019). Money & I
  20. Satu adalah lima, lima adalah satu. (Agustus 1995). Merpatipos
  21. Siswanto, N. dan A. Suci. (2014). Strategi turnaround di tengah persaingan dan perubahan teknologi: Sebuah pembelajaran dari PT Pos Indonesia. Diakses melalui https://www.academia.edu/8187883/STRATEGI_TURNAROUND_DI_TENGAH_PERSAINGAN_DAN_PERUBAHAN_TEKNOLOGI_SEBUAH_PEMBELAJARAN_DARI_PT_POS_INDONESIA
  22. Suhendra (2016). Akhir tidur pak pos yang dibangunkan zaman. Diakses melalui https://tirto.id/akhir-tidur-pak-pos-yang-dibangunkan-zaman-8PX

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.