Editorial Policies

Focus and Scope

Historiografi adalah peer-reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi S1 Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Jurnal ini mempublikasikan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian bidang sejarah, ilmu sosial dan budaya dalam perspektif sejarah. Artikel yang dipublikasikan di Historiografi meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah yang original. Artikel-artikel yang dimuat di Historiografi adalah artikel yang telah melalui proses penelaahan. Pada edisi pertama Mei 2020 dan seterusnya. Keputusan diterima atau tidaknya suatu artikel ilmiah di Historiografi ini menjadi hak dari Dewan Penyunting berdasar pada rekomendasi dari penelaah.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Seluruh artikel yang dimuat dalam jurnal Historiografi ini sudah melalui proses penelaahan oleh peer-review secara double blind review oleh sekurang-kurangnya dua orang reviewer/mitra bestari. Para reviewer merekomendasikan artikel dengan beberapa kemungkinan, yaitu ditolak, revisi mayor, revisi minor, atau diterima. Keputusan artikel diterima menjadi kewenangan Dewan Redaksi melalui pertemuaan para redaksi.

 

Publication Frequency

Historiografi terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada April dan Oktober.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke konten dengan prinsip membuat hasil karya penelitian tersedia secara bebas untuk publik dalam rangka mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih luas.

 

Publication Ethics

Sebagai jurnal ilmiah, Historiografi telah memiliki dan mencantumkan etika publikasi dan pernyataan malpraktik dalam portal e-journal. Sebagaimana tercantum bahwa Historiografi merupakan peer-reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi S1-Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Pernyataan ini menjelaskan sikap etis dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan seluruh artikel di jurnal ini, termasuk keberadaan penulis, ketua penyunting (editor in chief), dewan editor, mitra bebestari, dan kelembagaan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Seluruh artikel yang dipublikasikan dalam Historiografi dilakukan dengan prosedur penelaahan sejawat (peerreview). Proses ini merupakan bagian dari pengembangan jaringan ilmu pengetahuan yang disesuaikan dengan skup dan fokus dari jurnal. Selain itu, proses ini juga menjamin bahwa setiap artikel telah disusun berdasar pada metode ilmiah yang diakui. Artikel yang dimuat dalam Historiografi mencerminkan kualitas karya dari penulis dan afiliasi mereka. 

Program Studi S1-Sejarah FIB UNDIP sebagai penerbit  Historiografi bertanggung jawab secara etis untuk memastikan bahwa keberadaan iklan, biaya publikasi, biaya percetakan jurnal, dan pendapatan komersial lainnya, tidak akan berpengaruh pada keberlangsungan penerbitan jurnal ini atau tidak akan memengaruhi semua keputusan editorial. Selain itu, Program Studi S1-Sejarah FIB UNDIP juga bertugas untuk membuka jaringan kerja sama dengan pengelola jurnal atau penerbit lain dalam rangka peningkatan mutu kualitas dan diversifikasi, baik penulis maupun mitra bebestari. 

 

Keputusan mengenai Publikasi Artikel

Editor bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang akan diterima (accepted) dan yang akan diterbitkan. Editor juga harus mampu membidik naskah-naskah yang akan diterbitkan dengan pertimbangan pada isu yang mampu menarik pembaca untuk mengakses jurnal. Tugas editor dipandu melalui kebijakan dewan redaksi dan dibatasi oleh adanya aspek hukum yang berlaku terkait dengan pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Jika terjadi hal ini, maka editor dapat melakukan perundingan untuk membuat keputusan.

 

Aspek Fair Play

Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten jurnal tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau aliran politik dari penulis.

 

Kerahasiaan

Editor dan dewan redaksi tidak diperbolehkan untuk mengungkapkan informasi apapun mengenai proses penerimaan dan identitas artikel, pengiriman ke mitra bebestari, menginformasikan identitas reviewer kepada calon penulis yang bersangkutan, calon reviewer, seluruh dewan redaksi jurnal dan penerbit lain.

 

Pernyataan dan Konflik kepentingan

Materi atau data yang tidak dipublikasikan dalam naskah yang telah di-submit tidak boleh digunakan sebagai data penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas Reviewer

Kontribusi terhadap Keputusan Editorial

Mitra bebestari membantu editor dalam mengambil keputusan editorial. Melalui komunikasi editorial pada naskah yang ditelaah, juga dapat membantu penulis untuk meningkatkan kualitas artikel mereka.

Ketepatan

Reviewer dalam merespon permohonan editor untuk melakukan penelaahan artikel juga harus mempertimbangkan aspek ketepatan dan kesesuaian topik naskah sesuai dengan yang dikuasai. Apabila reviewer merasa tidak tepat atas permohonan untuk menelaah artikel tertentu, maka harus menyampaikannya kepada editor.

Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk ditelaah harus dianggap sebagai dokumen rahasia. Naskah tersebut tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain, kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Penelaahan artikel harus dilakukan secara objektif. Reviewer tidak boleh mengajukan kritik secara pribadi karena dianggap tidak pantas. Reviewer harus menyampaikan hasil telaah artikel secara jelas dengan didukung argumen yang sesuai. 

Pengakuan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi sumber-sumber sebagai referensi secara relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang telah dilaporkan sebagai bagian dari referensi harus dikutip secara relevan. Reviewer juga bertugas untuk melaporkan kepada editor terhadap setiap artikel yang sedang ditelaah yang memiliki kesamaan secara substansi atau mungkin overlap dengan artikel yang telah terbit sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan pribadinya.

Disclosure Statement

Seluruh informasi dan ide dari reviewer yang dihasilkan selama proses penelaahan dan bersifat menguntungkan harus dijaga kerahasiannnya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan status artikel yang sedang ditelaah karena memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kerja sama, hubungan, atau koneksi lain dengan penulis atau lembaga mana pun yang terkait.

 

Tugas Penulis

Standar Pelaporan

Penulis artikel hasil penelitian harus secara asli menyajikan kajian yang akurat tentang serta menganalisis hasil dan signifikansinya secara objektif. Data yang dianggap cukup mendasar harus direpresentasikan secara eksplisit di dalam artikel. Sebuah naskah artikel harus dijelaskan secara detail dan komprehensif dengan referensi yang tersedia. Perilaku yang mengarah mengenai kepalsuan atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak benar.

Akses dan Retensi Data

Jika penulis diminta untuk memberikan data mentah untuk kepentingan peninjauan editorial, maka penulis harus siap untuk menunjukkan data tersebut untuk publik (tentunya konsisten dengan ALPSP-STM Statement tentang Data dan Basis Data). Jika dapat dilakukan, dan harus dalam setiap kesempatan, maka penulis harus memastikan untuk menyimpan data tersebut secara aman setelah proses publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karyanya secara original, dan jika penulis menggunakan karya dan / atau pernyataan pihak lain maka harus dikutip dengan cara pengutipan yang tepat.

Publikasi Berganda, Redundan, atau Bersamaan

Seorang penulis tidak boleh, menerbitkan naskah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau media publikasi utama. Penulis tidak diperbolehkan menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Kedua tindakan tersebut merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi dan meninjau signifikansi karya tersebut dengan kajian yang ditulis.

Kepengarangan Naskah Artikel

Kepengarangan naskah harus dibatasi pada mereka yang telah berkontribusi secara signifikan terhadap konsep, desain, pelaksanaan, atau interpretasi hasil penelitian yang dipublikasikan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis pendamping (co-author). Sementara itu, jika ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dalam kajian yang dilakukan penulis, maka mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis harus memastikan bahwa semua penulis telah sesuai dan tidak ada penulis yang tidak pantas dimasukkan Namanya pada naskah artikel. Semua penulis harus telah melihat dan menyetujui versi final dari naskah tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan

Jika studi yang dilakukan melibatkan penggunaan bahan kimia, prosedur, atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa dan melekat dalam penggunaannya, maka penulis harus jelas mengidentifikasi persoalan ini dalam naskah.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan segala konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin terjadi dan berpengaruh terhadap hasil atau interpretasi naskah. Sumber dukungan keuangan juga harus diungkapkan di dalam naskah.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Dipublikasikan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam naskah yang ditulis dan telah diterbitkan, maka kewajiban penulis adalah segera menghubungi editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah.

 

 

Petunjuk Submit Artikel

Naskah manuskrip harus dikirimkan melalui salah satu cara online submission. Pengiriman naskah manuskrip sebaikmya dengan Online Submission System di portal e-journal JSCL (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/historiografi/
1. Pertama Penulis mendaftarkan sebagai Penulis dan/atau Reviewer (mencentang role sebagai Author dan/atau Reviewer) di bagian “Register” atau alamat: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/historiogragi /user/register
2. Setelah Penulis login sebagai Author, klik di “New Submission”. Tahapan submit artikel terdiri atas 5 tahapan, yaitu: (a) Start; (b) Upload Submission; (c) Enter Metadata; (4). Upload Supplementary Files (dilewati); (e). Confirmation.
3. Di bagian Start, pilih Jurnal Section (Full Article), centang semua ceklist.
4. Di bagian Upload Submission, silakan unggah file manuskrip artikel dalam MS Word di bagian ini.
5. Di bagian Enter Metadata, masukkan data-data semua Penulis dan afiliasinya, diikuti dengan judul dan abstrak, dan indexing keywords.
6. Di bagian Upload Supplementary Files, diperbolehkan mengunggah file data-data pendukung atau surat pengantar atau dokumen lainnya.
7. Di bagian Confirmation, silakan klik “Finish Submission” jika semua data sudah benar.
8. Jika penulis kesulitan dalam proses pengiriman naskah melalui sistem daring, naskah manuskrip dapat juga dikirimkan melalui E-mail ke email Editorial JSCL (historiografi@live.undip.ac.id), namun demikian metode ini tidak direkomendasikan.