skip to main content

ANALISIS KETELITIAN PLANIMETRIK ORTHOFOTO PADA TOPOGRAFI PERBUKITAN DAN DATAR BERDASARKAN KUANTITAS TITIK KONTROL TANAH

Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 20 Oct 2016; Published: 1 Nov 2016.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 Data dasar yang digunakan untuk pekerjaan pemetaan skala besar pada umumnya adalah citra satelit dengan resolusi spasial yang tinggi. Salah satu alternatif untuk pengadaan data dasar dalam pemetaan skala besar adalah metode fotogrametri, di mana dalam beberapa tahun ini metode fotogrametri sedang berkembang pesat dengan adanya teknologi pesawat tanpa awak. Salah satu produk yang dihasilkan dari metode ini adalah orthofoto. Orthofoto merupakan data dasar yang bisa digunakan untuk pemetaan skala besar karena memberikan gambaran permukaan bumi. Elemen terpenting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan orthofoto ini adalah ketelitian planimetrik. Berdasarkan penelitian terdahulu, faktor yang paling berpengaruh terhadap ketelitian planimetrik orthofoto adalah Titik Kontrol Tanah (TKT).

Penelitian ini akan dianalisis ketelitian planimetrik orthofoto berdasarkan kuantitas TKT. Kuantitas yang dimaksud di sini meliputi banyaknya TKT dan pola persebaran antar TKT tersebut. Banyaknya TKT yang digunakan pada penelitian ini adalah 5 TKT dan 10 TKT. Pola persebaran antar TKT tersebut meliputi pola merapat dan pola menyebar di mana jarak antar TKT pada pola merapat merupakan setengah dari pola menyebar. Kemudian, penelitian ini dilakukan pada topografi perbukitan dan datar. Sehingga didapatkan desain dengan 8 model berdasarkan jumlah TKT, pola persebaran TKT, dan variasi topografi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap ketelitian planimetrik orthofoto adalah pola persebaran TKT. Pola persebaran TKT dengan pola menyebar, di mana persebaran antar TKT yang terletak dekat dengan batas area penelitian merupakan orthofoto yang memiliki ketelitian yang tinggi ditunjukkan dengan nilai RMSE yang kecil.

Kata Kunci : Ketelitian Planimetrik, Orthofoto, Titik Kontrol Tanah

 

 ABSTRACT

 The data base used for large scale mapping generally is satellite imagery with high spatial resolution. One of the alternatives for large scale mapping is photogrammetry method, when in recent years of photogrammetry method is growing rapidly with Unmanned Arerial Vehicle (UAV) technology. One of the products to result from this method is orthophoto. Orthophoto is the basic data that can be used for large scale mapping for their representation of the earth’s surface. The most important element to consider in making this orthophoto is planimetric accuracy. Based on earlier research, the factor that most influence the planimetric accuracy of orthophoto is Ground Control Point (GCP).

This research will be analyzed planimetric accuracy of orthophoto based on the quantity of GCP. The quantity referred to number of GCP and distribution pattern of GCP. Number of GCP used in this research are 5 GCPs and 10 GCPs. Distribution pattern GCP include close GCP and spread GCP which the distance between of close GCP is a half from spread GCP. Then, this research will be held on hill and flat topography. So we get 8 models based on quantity of GCP, distribution of GCP and variation on topography.

The result in this research indicated that the factors that most significantly affect the planimetric accuracy of orthophoto is distribution of GCP. The distribution of GCP that spread pattern of GCP which of each GCP is close to boundary of the research area that orthophoto is high accuracy demonstrated with a small of RMSE values.

Keywords : Ground Control Point, Orthophoto, Planimetric Accuracy

*) Penulis, PenanggungJawab



Fulltext View|Download
Keywords: Ketelitian Planimetrik, Orthofoto, Titik Kontrol Tanah

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.