slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PENGALAMAN MAHASISWA/I BARU DALAM MELAKUKAN REGULASI DIRI : SEBUAH PENDEKATAN INTERPRETATIVE PHENOMENOLOGICAL ANALYSIS (IPA) | Nurulisya | Jurnal EMPATI skip to main content

PENGALAMAN MAHASISWA/I BARU DALAM MELAKUKAN REGULASI DIRI : SEBUAH PENDEKATAN INTERPRETATIVE PHENOMENOLOGICAL ANALYSIS (IPA)

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Tujuan studi fenomenologis ini adalah untuk memahami pengalaman mahasiswa/i baru dalam melakukan regulasi diri.Dalam penelitian ini regulasi diri didefinisikan sebagai proses yang ada dalam diri seseorang untuk mengontrol, mengatur, menentukan aksi dan target untuk diri sendiri. Dalam hal ini, diri sendiri berusaha menguasai impuls tingkah lakunya, melawan godaan, mengendalikan pikiran, dan mengelola emosinya. Pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interpretative Phenomenologycal Analysis (IPA).Metode ini dipilih karena adanya prosedur yang rinci dalam menganalisis data.Prosedur yang rinci tersebut menghasilkan kedalaman makna terhadap berbagai latar belakang, pengalaman, peristiwa unik, dan pemikiran tersendiri yang dimiliki subjek melalui wawancara.Subjek penelitian ini berjumlah empat orang yang berstatus sebagai mahasiswa/i baru Universitas Diponegoro. Peneliti menemukan bahwa dampak yang didapat dari perubahan setelah menjadi mahasiswa/i baru adalah wujud hasil pengalaman subjek melakukan regulasi diri dalam kesehariannya.Temuan ini didasari melalui pengalaman dari kehidupan subjek sebelum masuk Perguruan Tinggi (PT), proses subjek merespon perubahan, motivasi yang dimiliki subjek, dan dampak yang didapat dari perubahan setelah menjadi mahasiswa/i baru.Tema-tema tersebut telah menjadi kesatuan dalam memahami pengalaman mahasiswa/i baru dalam melakukan regulasi diri secara utuh.
Fulltext View|Download
Keywords: mahasiswa/i baru, regulasi diri.

Article Metrics:

  1. Alwisol.(2006). Psikologi Kepribadian (EdisiRevisi).Malang : UMM Press
  2. Alfiana, A. D.(2013).Regulasi Diri Mahasiswa ditinjau dari Keikutsertaan dalam Organisasi Kemahasiswaan. ISSN: 2301-8267 Vol.01, No.02. Diunduh 11 November 2013 pukul 22.15
  3. Herdiansyah, Haris. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta Selatan: Salemba Humanika
  4. Hoyle, R H. (2010).Personality and Self-Regulation. Dalam Hoyle, Rich (Eds.), Handbook of Personality and Self-Regulation (hlm 1-18). ISBN 978-1- 4051-7712-2 (hardcover :alk. Paper). United Kingdom : Blackwell Publishing Ltd
  5. Smith, J.A., Flowers, P., & Larkin, M. (2010). Interpretative phenomenological analysis: Theory, method, and research, reprinted edition. London: Sage Publication
  6. Smith, J. A. (2009). Dasar-Dasar Psikologi Kualitatif: Pedoman Praktis Metode Penelitian. Bandung: Penerbit Nusa Bangsa

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.