skip to main content

HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPRIBADIAN TERINTEGRASI DENGAN KEPUASAN HIDUP PADA PAGUYUBAN LANJUT USIA SEHAT PMI SEMARANG

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Kemampuan interaksi sosial lansia dipengaruhi oleh tipe kepribadian yang mereka miliki. Lansia dengan tipe kepribadian terintegrasi memiliki kemampuan untuk mengatur aktivitas dan selektif mengenai interaksi sosial, sehingga akan lebih memungkinkan untuk menerima kondisi dirinya, lebih aktif, dan lebih memungkinkan untuk beradaptasi akan kehilangan karena penuaan. Hal tersebut membantu lansia untuk mencapai kepuasan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Tipe kepribadian terintegrasi dengan Kepuasan Hidup pada paguyuban lanjut usia sehat PMI Semarang.
Populasi penelitian ini adalah 150 lanjut usia dengan sampel penelitian berjumlah 105 lansia. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan 26 aitem valid skala Kepuasan Hidup terdiri (α=0,868)dan 23 aitem valid skala Tipe kepribadian terintegrasi (α=0,905).Kedua variabel diuji menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara Tipe kepribadian terintegrasi dengan Kepuasan Hidup pada Lansia yang ditunjukkan oleh angka korelasi rxy = 0,783 dengan p = 0,000 (p<0,05) sehingga hipotesis dapat diterima. Hal ini menunjukkan semakin positif Tipe kepribadian terintegrasi maka semakin tinggi Kepuasan Hidup.Sebaliknya, semakin negatif Tipe kepribadian terintegrasi maka semakin rendah Kepuasan Hidup. Sumbangan efektif Tipe kepribadian terintegrasi dengan Kepuasan Hidup sebesar 61,3%.
Fulltext View|Download
Keywords: Tipe kepribadian terintegrasi, Kepuasan Hidup, Lanjut Usia

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.