skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PROBLEM FOCUSED COPING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XII SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Published: 22 Oct 2014.

Citation Format:
Abstract
Individu lebih sering melakukan prokrastinasi dalam menyelesaikan masalahnya, lebih memilih kegiatan yang lain, bahkan membiarkan masalah sampai pada akhirnya dapat dilupakan. Strategi coping yang langsung berhadapan dengan masalah adalah problem focused coping (Lazarus & Folkman).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara problem focused coping dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XII SMA Islam Hidayatullah Semarang. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 79 siswa dari 89 populasi siswa kelas XII SMA Islam Hidayatullah Semarang.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala problem focused coping dan skala prokrastinasi akademik. Skala problem focused coping terdiri atas 19 aitem (α = 0,840) dan skala prokrastinasi akademik terdiri atas 27 aitem (α = 0,912).
Analisis data dalam penelitian menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan hasil koefisien korelasi rxy= -0,502 dan p = 0,000 (p<0,05), artinya hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan negatif antara problem focused coping dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XII SMA Islam Hidayatullah Semarang diterima. Semakin efektif penggunaan problem focused coping, maka prokrastinasi akademik semakin rendah. Sebaliknya apabila semakin tidak efektifnya penggunaan strategi problem focused coping, maka prokrastinasi akademik akan semakin tinggi. Koefisien determinasi menunjukkan problem focused coping secara simultan dapat menjelaskan perubahan prokrastinasi akademik sebesar 25,5%.
Fulltext View|Download
Keywords: Prokrastinasi Akademik, Problem Focused Coping, Siswa.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.