skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN MELAYANI PIMPINAN DENGAN STRES KERJA PADA TENAGA PENDIDIK PUSDIK BINMAS POLRI BANYUBIRU

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 22 Apr 2014.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap gaya kepemimpinan melayani dengan stres kerja pada tenaga pendidik Pusdik Binmas Polri Banyubiru. Stres kerja adalah Respon fisik, psikologi, dan perilaku yang ditimbulkan oleh adanya tuntutan kerja. Persepsi terhadap gaya kepemimpinan melayani adalah penilaian karyawan terhadap kemampuan pemimpin untuk melayani karyawannya dengan panggilan altruistik, penyembuhan emosional, kebijaksanaan, pemetaan persiasif, dan pelayanan organisasi.

Sampel penelitian 50 orang. Alat ukur penelitian menggunakan skala stres kerja dengan 25 aitem (α =0,919) dan skala persepsi terhadap gaya kepemimpinan melayani dengan 40 aitem (α =0,966). Analisis regresi sederhana diperoleh rxy = -0,783 dengan p = 0,000 (p<0,05). Menunjukkan semakin positif persepsi terhadap gaya kepemimpinan melayani, maka stres kerjanya semakin rendah. Persepsi terhadap kepemimpinan melayani memberikan sumbangan efektif sebesar 60,5% terhadap Stres kerja. Sisanya 39,5% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: stres kerja, persepsi terhadap gaya kepemimpinan melayani, tenaga pendidik Pusdik Binmas Polri Banyubiru.

Article Metrics:

  1. Anoraga, P. (2009). Psikologi kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Barbuto, J. E., & Wheeler, D. W. (2006). Scale development and construct clarification of servant leadership. Lincoln: University of Nebraska
  3. Dewi, K. S. (2012). Kesehatan mental. Semarang: UPT UNDIP Press Semarang
  4. Herujito, Y. (2001). Dasar-dasar manajemen. Jakarta: Grasindo
  5. Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI
  6. Robbins, S. P. (2002). Perilaku organisasi konsep kontroversi aplikasi. Jakarta: Prenhallindo
  7. Sarwono, S. W. (2003). Psikologi dalam praktek. Jakarta: CV. Restu Agung
  8. Siagian, S. P. (2003). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara
  9. Sipe, J. W., & Frick, D. M. (2009). Seven pillars of servant leadership. New Jersey: Paulist Press
  10. Siswanto. (2007). Kesehatan mental konsep, cakupan dan perkembangan. Yogyakarta: Andi Offset
  11. Spears, L. C. (1999). Focus on leadership: servantleadership for the twentyfirst. New York: John Wiley & Sons, Inc
  12. Sukmana , O. (2003). Dasar-dasar psikologi lingkungan. Malang: UMM Press
  13. Undang-Undang No.2 Tahun 2002. 2002. Kepolisian Negara Republik Indonesia. http://datahukum.pnri.go.id/i ndex.php?option=com_phoc adownload&view=category &id=115:tahun2002&Itemid=27#
  14. Wahjono, S. I. (2010). Perilaku organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
  15. Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi
  16. Waluyo, M. (2009). Psikologi teknik industri. Yogyakarta: Graha Ilmu

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.